OTOTEK
Jangan Sampai Tertipu! Ini Ciri-ciri Telepon dari Maling M-Banking

AKTUALITAS.ID – Kejahatan penipuan melalui layanan mobile banking (M-banking) masih menjadi masalah serius di masyarakat. Salah satu modus yang kerap digunakan adalah vishing, atau penipuan yang dilakukan melalui suara atau telepon. Para penipu berupaya memancing korban untuk mengungkapkan akses atau informasi penting mereka secara sukarela, tanpa disadari.
Dalam modus vishing, penipu sering meminta korban untuk mengklik tautan tertentu atau mengunduh file, yang sebenarnya mengandung malware berbahaya bagi perangkat mereka. Untuk membantu masyarakat lebih waspada, berikut adalah beberapa ciri-ciri telepon dari penipu M-banking yang perlu diketahui:
1. Mengaku dari Pemerintah atau Perusahaan Besar
Penipu sering mengaku sebagai perwakilan dari lembaga pemerintah atau perusahaan besar. Mereka akan berusaha mengintimidasi korban dengan menunjukkan otoritas untuk menambah kepercayaan.
2. Menawarkan Kesepakatan atau Hadiah
Modus lainnya adalah menawarkan hadiah atau kesepakatan yang terlihat menggiurkan. Ingat, tawaran yang terlalu baik biasanya menandakan penipuan.
3. Tidak Mengetahui Nama Anda
Penipu cenderung menelepon dengan sapaan umum tanpa menyebut nama. Hati-hati jika Anda menerima panggilan semacam ini, karena petugas resmi seharusnya mengetahui identitas orang yang dihubungi.
4. Mengklaim Ada Utang yang Belum Dibayar
Seringkali, penipu akan mengintimidasi korban dengan klaim adanya utang yang belum dibayar, dapat berujung pada denda atau hukuman. Jika ragu, segera tutup telepon dan verifikasi dengan perusahaan resmi.
5. Meminta Informasi Sensitif
Penipu biasanya akan meminta data pribadi, seperti nomor KTP atau kartu kredit. Sebaiknya, jangan pernah memberikan informasi pribadi kepada orang yang tidak dikenal.
6. Perangkat Terinfeksi Malware
Waspadai jika seseorang mengklaim bahwa perangkat Anda terinfeksi malware. Hindari menginstal software dari jarak jauh seperti AnyDesk atau TeamViewer, karena itu dapat membahayakan perangkat Anda.
7. Meminta Informasi Pribadi yang Seharusnya Diketahui
Jangan berikan informasi pribadi kepada siapapun, terutama jika data tersebut seharusnya sudah diketahui oleh perusahaan resmi.
8. Ada Jeda Saat Menjawab Telepon
Perhatikan ada jeda saat telepon dijawab, yang biasanya terjadi karena penipu menggunakan teknologi panggilan otomatis untuk menghubungi korban.
Dengan mengenali ciri-ciri di atas, diharapkan masyarakat bisa lebih waspada terhadap penipuan melalui telepon yang berpotensi merugikan. Jika menerima panggilan mencurigakan, lebih baik berhati-hati dan tidak ragu untuk memutuskan sambungan. (Mun/Ari Wibowo)
-
RAGAM09/06/2025 12:30 WIB
Luka di Tanah Kaya: Konflik Tambang di Indonesia dan Ketika Nikel Mencabik Raja Ampat
-
POLITIK09/06/2025 12:00 WIB
Hindari Kericuhan 2029, PKS: RUU Pemilu Wajib Ketok Palu Tahun Ini
-
NUSANTARA09/06/2025 18:45 WIB
Komitmen Green Policing, Polda Riau : Perusak Hutan Akan Ditindak Tegas
-
RAGAM09/06/2025 16:00 WIB
Film “Agak Laen” 2 Memasuki Proses Syuting
-
EKBIS09/06/2025 21:30 WIB
BULOG Sumut Serap 17.800 Ton Beras dari Petani, Panen Raya Diprediksi Agustus
-
POLITIK09/06/2025 17:00 WIB
Harus Ada Standar Biaya Pemerintah Gelar Rapat di Hotel
-
DUNIA09/06/2025 18:00 WIB
Ratusan Pelajar Ikuti Ajang Chinese Bridge 2025
-
NASIONAL09/06/2025 13:00 WIB
Birokrasi Harus Adaptif, Lapor Mas Wapres Tak Boleh Stagnan