Connect with us

POLITIK

Survei LSI: Airin Dipastikan Menang di Pilkada Banten 2024

Published

on

Airin Rachmi Diany

AKTUALITAS.ID – Lembaga Survei Indonesia (LSI) merilis hasil survei terbaru yang menunjukkan Airin Rachmi Diany unggul dalam Pilkada Banten 2024. Peneliti LSI, Muhammad Adib, menyatakan Airin hampir tidak menghadapi perlawanan berarti jika memutuskan untuk maju dalam pilkada mendatang.

“Data survei LSI menunjukkan bahwa Airin unggul dalam semua simulasi yang kami lakukan,” ujar Adib kepada wartawan, Kamis (22/8/2024).

Menurut data survei, elektabilitas Airin mencapai 77,3 persen dalam head-to-head dengan calon gubernur dari Partai Gerindra, Andra Soni, yang hanya memperoleh 10 persen. Sementara itu, 12,7 persen responden masih belum menentukan pilihan mereka.

Survei juga mencakup simulasi pasangan calon, di mana duet Airin Rachmi Diany-Ade Sumardi mengungguli pasangan Andra Soni-Dimyati Natakusumah dengan persentase 73,7 persen. Elektabilitas Andra-Dimyati berada di sekitar 12,2 persen, dengan 14,1 persen responden masih belum memutuskan.

Survei yang dilakukan dari 27 Juli hingga 4 Agustus 2024 ini melibatkan 800 responden yang dipilih secara acak dengan margin of error ±3,5 persen dan tingkat kepercayaan 95 persen.

Keunggulan Airin dianggap berasal dari rekam jejaknya sebagai Wali Kota Tangerang Selatan dan efektivitas sosialisasinya sebagai calon gubernur. Popularitas Airin saat ini mencapai 92,7 persen dengan tingkat kesukaan 89,0 persen. Sebanyak 70,9 persen warga Banten melaporkan telah melihat spanduk atau baliho Airin.

Adib juga menanggapi skema kotak kosong dalam pilkada, menyebutkan bahwa hal tersebut tidak mendukung iklim demokrasi yang sehat. Menurutnya, memiliki dua atau lebih kandidat memberikan masyarakat pilihan yang lebih baik untuk membandingkan gagasan dan program calon pemimpin.

Dengan hasil survei ini, Airin Rachmi Diany tampaknya memiliki posisi kuat dalam persaingan Pilkada Banten 2024. (Damar)

Trending

Exit mobile version