Connect with us

POLITIK

Deddy Sitorus Tegaskan Budi Gunawan Bukan Kader PDIP

Published

on

AKTUALITAS.ID – Ketua DPP PDIP, Deddy Yevry Sitorus, menegaskan bahwa Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Budi Gunawan (BG) tidak dapat diasosiasikan sebagai kader PDI Perjuangan meskipun kerap dikaitkan dengan partai tersebut. Deddy menjelaskan, BG adalah pensiunan jenderal Polri dan bukan bagian resmi dari PDIP.

“Sehingga tidak serta merta dapat diasosiasikan sebagai kader PDI Perjuangan,” kata Deddy saat dihubungi pada Kamis (17/10/2024).

Meskipun demikian, Deddy mengakui bahwa Budi Gunawan memiliki kedekatan historis dan psikologis dengan PDIP, terutama karena BG pernah menjadi ajudan Presiden Megawati Soekarnoputri pada masa jabatannya. Selain hubungan tersebut, BG juga dikenal memiliki relasi baik dengan Prabowo Subianto, terutama sejak BG berperan penting dalam memfasilitasi Prabowo masuk ke dalam Kabinet Joko Widodo pada periode kedua.

“Pak BG berperan besar dalam memfasilitasi masuknya Pak Prabowo dalam Kabinet Jokowi,” ujar Deddy.

Lebih lanjut, Deddy menegaskan bahwa bagi PDIP, kekuasaan harus sepenuhnya digunakan untuk kepentingan negara dan rakyat, bukan demi keuntungan pribadi atau golongan. Ia menekankan bahwa PDIP tidak berusaha memanfaatkan kekuasaan untuk kepentingan elektoral, termasuk saat partai menolak wacana perpanjangan masa jabatan presiden, meskipun risiko tersebut bisa berdampak pada suara partai.

“Penolakan PDI Perjuangan terhadap upaya perpanjangan kekuasaan presiden adalah keteguhan konstitusional, meski membawa risiko berkurangnya suara partai,” imbuhnya.

Sebelumnya, kehadiran Budi Gunawan dalam acara pembekalan calon menteri Prabowo Subianto di Hambalang sempat disebut-sebut sebagai representasi PDIP dalam kabinet mendatang. Namun, Deddy menegaskan bahwa BG tidak mewakili PDIP dalam kabinet Prabowo-Gibran. Nama BG muncul bersama dengan dua nama lain, yakni Azwar Anas dan Olly Dondokambey, meskipun keduanya tidak hadir dalam pembekalan tersebut.

Saat ini, BG juga dikabarkan akan segera digantikan oleh Muhammad Herindra sebagai Kepala BIN, namun posisinya di kabinet mendatang masih belum dipastikan. (Damar Ramadhan)

OASE

INFOGRAFIS

WARGANET

Trending