‘Ganjal ATM’ Pakai Korek Api, Komploton Ini Raup Puluhan Juta dalam Sehari


AKTUALITAS.ID – Subdit Resmob Ditreskrimum Polda Metro Jaya berhasil menangkap lima orang komplotan pencuri dengan modus ‘ganjal ATM’ di kawasan Tangerang Selatan.

“Kejadian awal Februari 2019 tetapi sudah melakukan pencurian dari tahun 2018 akhir,” ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono di kantornya, Jalan Jenderal Sudirman, Sabtu, (9/3/2019).

Lima orang tersebut memiliki perannya masing-masing untuk melancarkan aksi mereka saat melakukan pencurian di sejumlah mesin ATM yang tersebar di wilayah Tangerang Selatan.

“Lima orang tersangka ini mengendarai sepeda mobil, ada yang berperan mengawasi sekitar, ada yang memasang alat di ATM ada yang mengawasi sekitar, dan ada yang pura-pura menjadi operator,” paparnya.

Dalam melakukan aksinya, lima orang komplotan pembobol mesin ATM ini menggunakan batang korek api di mulut ATM. Kemudian, pada saat datang korban memasukkan kartu ATMya dan tidak bisa mengeluarkan kartu ATM para pelaku menghampiri korban seolah-olah memberikan bantuan.

“Pelaku ini nanti menggiring korban untuk menelepon call center palsu, pas ditelepon call cebternya itu yang terima adalah salah satu tersangka dia berpura-pura operator lalu menanyakan nomor pin ATM,” jelasnya.

Dalam sehari, kata Argo, para pelaku pembobolan ATM ini bisa meraup uang sebesar Rp 30 juta.

“Yang bersangkutan ini bisa mengumpulkan uang setiap hari Rp 20 juta hingga Rp 30 juta,” tandasnya. 

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>