Jangan Anggap Remeh, Ini 8 Penyakit yang Bisa Terjadi Pada Orang dengan Obesitas 


Ilustrasi. Obesitas (IST)

AKTUALITAS.ID – Obesitas merupakan kondisi seseorang memiliki kelebihan berat badan. Biasanya disebabkan oleh ketidakseimbangan antara asupan kalori dan pengeluaran energi.

Masalah obesitas telah menjadi perhatian global karena jumlahnya yang semakin meningkat di berbagai negara di seluruh dunia.

Selain itu, obesitas juga dapat membatasi kemampuan seseorang dalam melakukan aktivitas sehari-hari dan memengaruhi kualitas hidup secara keseluruhan.

Penderita obesitas mungkin akan mengalami kesulitan bergerak dengan leluasa, tidur nyenyak, dan tidak merasa nyaman dalam melakukan aktivitas sosial.

Namun, mereka juga rentan mengalami risiko terserang berbagai penyakit. Berikut ini delapan penyakit yang bisa dialami oleh orang obesitas.

1. Penyakit jantung dan pembuluh darah

Obesitas adalah faktor risiko utama untuk penyakit jantung dan pembuluh darah. Namun, orang dengan obesitas juga rentan terhadap serangan jantung, strok, dan penyakit arteri koroner.

Hal ini disebabkan oleh tumpukan lemak yang menumpuk di sekitar organ vital, sehingga dapat mengganggu aliran darah dan meningkatkan tekanan darah.

2. Diabetes tipe dua

Diabetes tipe dua terjadi ketika gula darah lebih tinggi dari biasanya. Hal ini dapat menyebabkan sel tidak merespons insulin secara normal, disebut resistensi insulin.

Pankreas akan menghasilkan lebih banyak insulin untuk mencoba membuat sel merespons, hingga akhirnya pankreas tidak dapat mengimbangi dan gula darah akan semakin meningkat.

3. Masalah pernapasan

Kelebihan berat badan dapat menyebabkan gangguan pernapasan seperti sleep apnea. Penderitanya akam mengalami gangguan napas saat tidur. Hal ini dapat mengganggu kualitas tidur dan menyebabkan kelelahan karena kurangnya tidur.

4. Masalah sendi

Sendi-sendi tubuh yang mendapatkan beban berlebih dapat menyebabkan masalah seperti osteoartritis. Kondisi ini mengakibatkan tulang rawan pada sendi menjadi rusak dan rapuh, sehingga menyebabkan rasa sakit dan kekakuan.

5. Masalah psikologis

Tidak hanya masalah pada fisik, obesitas juga dapat berdampak pada kesehatan mental pengidapnya.

Masalah psikologis yang dapat menyerang pengidap obesitas, seperti depresi, kecemasan, dan rendahnya harga diri. Diskriminasi dan stigma sosial terhadap orang yang obesitas juga dapat memperburuk masalah ini.

6. Kualitas hidup yang rendah

Kualitas hidup yang rendah adalah salah satu dampak psikologis yang sering dialami oleh pengidap obesitas.

Hal ini mencakup berbagai aspek kehidupan sehari-hari yang dapat terpengaruh oleh kondisi kesehatan dan fisiknya, seperti keterbatasan fisik, kemandirian yang terbatas, hingga keterbatasan sosial.

7. Kanker

Beberapa jenis kanker, termasuk kanker payudara, kanker usus besar, dan kanker rahim, memiliki hubungan yang kuat dengan obesitas. Lemak pada tubuh yang berlebih dapat menyebabkan peradangan kronis dan gangguan hormon yang meningkatkan risiko kanker.

8. Menimbulkan penyakit kandung empedu

Penyakit ini merupakan suatu kondisi yang terjadi ketika kandung empedu, yang merupakan organ kecil berada di bawah hati, mengalami peradangan atau pembentukan batu empedu.

Orang yang mengidap obesitas memiliki risiko lebih tinggi terkena penyakit tersebut dibandingkan dengan orang yang memiliki berat badan normal. (YAN KUSUMA/RAFI)

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>