8 Tips Alami Menurunkan Kolesterol Pasca Lebaran


Ilustrasi. Rutin berolahraga. (ist)

AKTUALITAS.ID – Lebaran identik dengan aneka olahan daging dan santan. Namun, dalam menyantapnya Anda harus berhati-hati terutama jika memiliki gangguan kolesterol.

Meningkatnya kolesterol menjadi hal yang harus perhatikan, membatasi asupan makanan tinggi lemak dan gula tambahan bisa menjadi solusi menurunkan kolesterol. 

Berikut adalah cara alami menurunkan kadar kolesterol setelah Lebaran 2024:

1. Berolahraga dengan rutin

Melakukan aktivitas fisik walaupun dalam waktu yang singkat dalam beberapa kali sehari, dapat membantu Anda mulai menurunkan berat badan dan menurunkan kolesterol. 

Anda bisa melakukan olahraga ringan seperti, berjalan cepat setiap hari, bersepeda, atau hobi olahraga lainnya. Agar tetap termotivasi, Anda bisa mencari teman atau bergabung dengan kelompok olahraga.

2. Berhenti merokok

Merokok dapat meningkatkan kolesterol dan membuat Anda lebih mungkin mengalami masalah serius seperti serangan jantung, strok, dan kanker. Dengan berhenti merokok dalam jangka waktu panjang akan menurunkan kolesterol dan juga menjadikan tubuh Anda lebih sehat. 

3. Mengonsumsi banyak serat

Pemilihan makanan yang sehat dan tepat tentunya juga akan membantu mengurangi kolesterol. Serat larut sebagai jenis serat makanan yang larut dalam air saat dicerna dalam saluran pencernaan manusia. 

Ini dapat mengurangi penyerapan kolesterol ke dalam darah dan memperlambat pencernaan sehingga membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Makanan yang tinggi serat larut antara lain, gandum, kacang polong dan buncis, apel, dan wortel. 

4. Turunkan berat badan

Jika Anda memiliki berat berlebih atau obesitas, melakukan penurunan berat badan menjadi solusi yang membantu menurunkan kolesterol jahat dalam darah. Tetap jaga berat badan yang sehat dengan mengatur pola makan dan berolahraga teratur. 

Menurunkan berat badan secara bertahap dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dan meningkatkan kesehatan tubuh.

5. Mengurangi stres

Stres dapat menyebabkan kolesterol meningkat. Maka, hindari dan kelola stress Anda dengan baik seperti meditasi, yoga, atau melakukan hal lain yang Anda gemari. 

6. Istirahat cukup

Mendapatkan tidur yang cukup dan berkualitas juga penting untuk kesehatan. Dilansir dari laman Medical News Today, jika istirahat dengan cukup juga dapat mempengaruhi kolesterol. 

Waktu tidur yang dibutuhkan seseorang yaitu 8 jam pada setiap malamnya. Durasi dan kualitas tidur yang buruk ternyata juga berdampak negatif terhadap kolesterol. 

7. Hindari lemak jenuh

Mengonsumsi banyak lemak jenuh dan lemak trans dapat meningkatkan kolesterol. Lemak trans ditemukan dalam makanan olahan yang mengandung minyak hidrogenasi, seperti makanan cepat saji, kue kering, kue krim, dan margarin. 

Anda bisa mengganti dengan makanan yang lebih bergizi seperti minyak zaitun, minyak lobak, kacang-kacangan dan biji-bijian. 

8. Hindari konsumsi gula berlebihan

Hindari makanan dan minuman yang tinggi gula tambahan, karena konsumsi gula tambahan dapat meningkatkan kadar trigliserida dan menurunkan kadar kolesterol. (YAN KUSUMA/RAFI)

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>