5 Teh Terbaik Dapat Mengatasi Perut Buncit


Ilustrasi Teh Hijau

AKTUALITAS.ID – Di dunia ini, ada ratusan jenis teh yang bisa kita nikmati. Dari seluruh jenis-jenis teh yang berlimpah itu, beberapa di antaranya dianggap menyehatkan, sehingga bisa membantu mencegah bahkan meredakan penyakit.

Salah satunya perut buncit tak cuma bikin siapa saja merasa tidak pede, tapi bisa jadi cikal bakal sejumlah penyakit. 

Karena itu banyak orang berusaha mengusir perut buncit dengan berbagai cara, termasuk minum teh.

Teh secara alami mengandung banyak antioksidan dan senyawa tumbuhan berbeda yang telah dikaitkan dengan berbagai manfaat kesehatan, beberapa di antaranya secara khusus terbukti membantu menghilangkan lemak di sekitar perut. 

Yang selama ini sudah akrab di telinga masyarakat adalah teh hijau dan teh hitam. Namun, tak ada salahnya untuk mencicipi jenis-jenis teh lainnya, dengan manfaat-manfaat berikut ini.

Berikut 5 teh terbaik untuk mengatasi perut buncit

1. Teh hijau

Teh hijau mungkin salah satu teh paling terkenal untuk mengusir perut buncit. Menurut studi pada 2022 baru-baru ini yang diterbitkan dalam International Journal of Environmental Research and Public Health, peserta yang mengonsumsi teh hijau dalam jumlah besar, atau sekitar empat cangkir atau lebih sehari memiliki risiko 44% lebih rendah terkena obesitas perut dibandingkan peserta yang tidak minum teh hijau.

Melansir Eat This Not That, teh hijau kaya akan kandungan polifenol yang dikenal sebagai katekin. Katekin paling melimpah yang ditemukan dalam teh hijau adalah ECGC, yang dikaitkan dengan percepatan metabolisme.

Anda dapat menemukan EGCG pada jenis teh lain, namun teh hijau sejauh ini memiliki konsentrasi senyawa ini yang tertinggi.

2. Teh hitam

Sejumlah penelitian telah menghubungkan teh hitam dengan penurunan berat badan dan pengurangan lemak visceral.

Laporan tahun 2016 yang diterbitkan dalam jurnal Molecules mengatakan bahwa polifenol yang ditemukan dalam teh hitam memiliki sifat anti-obesitas dan dapat membantu mengurangi berat badan dan lemak visceral.

Selain itu penelitian pada hewan yang disebutkan sebelumnya dari The Journal of Nutrition mencakup teh hitam bersama oolong dan teh hijau karena pengaruhnya terhadap lemak perut.

3. Teh oolong

Meski teh hijau dianggap paling kuat untuk membantu program diet, namun para peneliti percaya bahwa teh oolong justru memiliki khasiat yang lebih baik dalam hal yang sama.

Teh oolong diketahui meningkatkan thermogenesis yang membuat tubuh menghasilkan panas, sehingga membakar lebih banyak kalori.

4. Teh putih

Menukil NDTV Food, teh putih disebut terbukti menekan nafsu makan dan meningkatkan metabolisme. Oleh karena itu, meminumnya secara teratur dapat membantu Anda menurunkan berat badan.

Katekin dalam teh putih juga dapat membantu meningkatkan metabolisme. Jadi, tambahkan teh putih ke dalam pola makan Anda dan turunkan berat badan dengan cara yang sehat.

5. Teh puerh

Mengutip Healthline, teh puerh merupakan salah satu jenis teh hitam Tiongkok yang telah difermentasi. Ini sering dinikmati setelah makan, dan memiliki aroma harum yang cenderung berkembang semakin lama disimpan.

Beberapa penelitian pada hewan menunjukkan bahwa teh puerh dapat membantu menurunkan gula darah dan mengatur metabolisme asam lemak.

Bukti lain menunjukkan bahwa hal itu juga dapat mendukung penurunan berat badan. Sebuah penelitian di National Library of Medicine pada 2016 menemukan bahwa konsumsi teh puerh setiap hari dikaitkan dengan penurunan berat badan, BMI, trigliserida, dan kadar kolesterol.

Itulah 5 teh terbaik untuk mengatasi perut buncit. Semoga bermanfaat. (Rafi)

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>