Connect with us

Berita

Golden Ball Diego Maradona dari Piala Dunia 1986 Akan Dilelang di Prancis

Published

on

AKTUALITAS.ID – Piala Golden Ball milik Diego Armando Maradona, yang diraih sebagai pemain terbaik pada Piala Dunia 1986 di Meksiko, akan dilelang oleh rumah lelang Aguttes di Prancis pada Kamis (6/6). Piala ini menjadi memorabilia ketiga yang dilelang setelah jersei yang digunakan Maradona selama turnamen tersebut terjual seharga 8,5 juta euro pada tahun 2022, memecahkan rekor sebagai memorabilia olahraga termahal yang pernah dilelang.

Sebelumnya, bola “Tangan Tuhan” yang terkenal telah terjual melalui lelang dengan harga 2,2 juta euro, hanya satu bulan setelah Maradona meninggal dunia pada November 2022.

Mantan pemain timnas Argentina era 1970-an, Ossie Ardiles, mengenang Piala Golden Ball itu sebagai simbol puncak karir sepak bola Maradona. “Melihat kembali Piala Golden Ball milik Diego, membawa kembali begitu banyak kenangan tentang sahabat saya Diego,” kata Ardiles dalam siaran pers AGUTTES Auction House kepada ANTARA, Jumat.

“Golden Ball ini merupakan simbol dari sesuatu yang spektakuler dan unik. Ini menandai puncak dari pemain terhebat di dunia, gol terhebat di Piala Dunia dan penampilan individu terhebat di Piala Dunia mana pun,” lanjut Ardiles yang juga pernah berseragam Tottenham Hotspur.

Kapten timnas Inggris saat itu, Terry Butcher, bercanda bahwa ia ingin memenangkan lelang tersebut untuk menghancurkan piala tersebut. “Saya mau membayar 7 juta euro untuk membeli Golden Ball Maradona untuk dihancurkan,” katanya dengan nada humor.

Namun, Butcher kemudian menambahkan dengan nada serius, “Namun selain bercanda, saya ingin mengatakan bahwa Maradona adalah pemain terbaik yang pernah saya lawan dan tentu saja merupakan penantang terhebat yang pernah ada. Dia benar-benar tidak perlu berbuat curang.”

Butcher dan Maradona tampil bersama dalam duel Inggris vs Argentina di perempat final Piala Dunia 1986 di Meksiko. Dalam pertandingan tersebut, Maradona mencetak gol bersejarah “tangan Tuhan” setelah melewati tekel terakhir yang dilakukan Butcher selaku kapten Inggris. Gol kontroversial pada menit ke-51 itu menjadi pembuka kemenangan Argentina 2-1 atas Inggris. Selanjutnya, Argentina pun menjuarai Piala Dunia 1986 usai menundukkan Jerman Barat dengan skor 3-2 di babak final.

Lelang Piala Golden Ball ini diharapkan menarik minat besar dari penggemar sepak bola dan kolektor di seluruh dunia, mengingat nilai historis dan simbolis dari trofi tersebut. Piala ini bukan hanya sebuah simbol kemenangan, tetapi juga menandakan momen-momen tak terlupakan dari salah satu pemain terbaik yang pernah ada dalam sejarah sepak bola. (YAN KUSUMA/RAFI)

Trending

Exit mobile version