Connect with us

Berita

Jokowi Sambut Elon Musk di KTT WWF ke-10 di Bali, Bahas Investasi Triliunan

Published

on

AKTUALITAS.ID – Dalam momen yang penuh makna, Presiden Joko Widodo menerima kunjungan CEO SpaceX dan Tesla, Elon Musk, di sela-sela KTT World Water Forum (WWF) ke-10 yang berlangsung di Bali International Convention Center (BICC), Kabupaten Badung, Bali. Pertemuan ini berlangsung setelah pembukaan resmi WWF Ke-10 pada Senin, 20 Mei 2024.

Presiden Jokowi memulai pertemuan dengan mengucapkan terima kasih kepada Elon Musk atas partisipasinya sebagai pembicara di forum tersebut. Ia juga menekankan pentingnya pengelolaan air yang berkelanjutan dan relevansinya bagi masa depan planet ini. 

Jokowi mengundang Musk untuk mengembangkan lebih lanjut investasinya di Indonesia, terutama melalui perusahaan-perusahaan terkemuka seperti SpaceX, Tesla, Neuralink, dan The Boring Company.

“Pak Musk, Indonesia saat ini sedang menjalani percepatan transformasi digital nasional dan membuka banyak potensi investasi di sektor infrastruktur, teknologi pemerintahan, ekonomi digital, dan masyarakat digital,” ujar Presiden Jokowi. 

Ia juga mengapresiasi dan mendorong pengembangan investasi dari perusahaan-perusahaan Musk di Indonesia.

Salah satu poin penting yang dibahas dalam pertemuan tersebut adalah kerja sama yang sedang berjalan antara Indonesia dan Starlink, perusahaan penyedia layanan internet berbasis satelit milik SpaceX. 

Presiden Jokowi berharap agar Starlink dapat bersinergi dengan penyedia layanan internet lokal untuk memperluas dan memeratakan akses internet yang terjangkau di seluruh Indonesia, terutama di daerah terpencil.

“Dengan mengutamakan perlindungan konsumen, memberikan harga murah untuk penggunaan layanan publik termasuk di puskesmas hingga sekolah terpencil di Indonesia,” tambah Jokowi.

Menanggapi undangan tersebut, Elon Musk menyatakan kehormatannya bisa berpartisipasi dalam forum WWF dan kegembiraannya berada di Bali. “Kami berharap dapat menyediakan konektivitas Starlink untuk mendukung fasilitas pendidikan dan kesehatan di Indonesia,” kata Musk.

Kunjungan Elon Musk ke Bali menunjukkan minat yang tinggi dari investor global terhadap ekonomi digital Indonesia. Hal ini juga membuka peluang kerjasama di masa depan yang akan mendukung pembangunan infrastruktur digital di seluruh Indonesia.

Dalam pertemuan ini, Presiden Jokowi didampingi oleh beberapa menteri, termasuk Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, dan Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal Bahlil Lahadalia.

Pertemuan antara Presiden Jokowi dan Elon Musk ini menandai langkah maju dalam upaya Indonesia untuk menjadi salah satu pemain utama dalam transformasi digital dan pembangunan berkelanjutan di kancah global. (KAISAR/RAFI)

Trending

Exit mobile version