Connect with us

Berita

Kebakaran di Kilang Pertamina Balikpapan Berhasil Dipadamkan

Published

on

AKTUALITAS.ID – Kebakaran yang terjadi di Kilang Pertamina Internasional (KPI) Unit Balikpapan pada Sabtu dini hari berhasil dipadamkan. Kebakaran yang mulai terjadi pada pukul 05.06 WITA tersebut berhasil dikendalikan oleh tim pemadam pada pukul 07.30 WITA. Hal ini disampaikan oleh General Manager KPI Unit Balikpapan, Bayu Arafat, dalam keterangannya di Jakarta.

“Alhamdulillah tim pemadam telah berhasil menguasai kondisi, dan saat ini tengah dilakukan upaya pendinginan,” ujar Bayu Arafat, dalam keterangannya di Jakarta, Sabtu.

Dalam upaya pemadaman, KPI Unit Balikpapan mengerahkan tujuh unit mobil pemadam milik PT KPI RU V dan satu unit mobil pemadam dari Pertamina Grup di Balikpapan, Kalimantan Timur. Selain itu, pemadam statis (fire ground) yang berada di sekitar lokasi juga diaktifkan untuk membantu memadamkan dan melokalisir sumber panas. Saat ini, tim terus memastikan tidak ada sumber panas yang tersisa di area kejadian.

Bayu Arafat menegaskan bahwa lokasi kebakaran masih berada di area kilang, sehingga tidak berdampak langsung pada masyarakat sekitar. Meski demikian, pihaknya tetap melakukan pengawasan ketat untuk memastikan kejadian ini tidak menimbulkan dampak buruk yang berkelanjutan. 

“Selain itu, monitoring produksi BBM juga kami lakukan untuk memastikan supply ke masyarakat tidak terganggu,” tambahnya.

Sebelumnya, kebakaran ini menarik perhatian warga dan relawan bencana di Balikpapan. Menurut informasi dari para relawan, kebakaran dimulai sekitar pukul 05.06 WITA. Dalam video yang beredar, tampak api menghanguskan salah satu bagian kilang. Akses jalan menuju lokasi kebakaran sempat ditutup oleh petugas, termasuk Jalan Yos Sudarso hingga kawasan Panorama, untuk memudahkan proses pemadaman dan menjaga keselamatan.

Meski kebakaran telah berhasil dipadamkan, upaya pendinginan dan pemantauan terus dilakukan untuk memastikan area benar-benar aman. Pertamina juga memastikan bahwa pasokan BBM kepada masyarakat tetap berjalan normal dan tidak mengalami gangguan akibat insiden ini.

Insiden kebakaran di kilang Balikpapan ini menambah daftar tantangan yang harus dihadapi oleh Pertamina dalam menjaga operasional dan keselamatan di lingkungan kerjanya. Investigasi lebih lanjut akan dilakukan untuk mengetahui penyebab pasti kebakaran dan mencegah kejadian serupa di masa depan. (KAISAR/RAFI)

Trending

Exit mobile version