Connect with us

Berita

Persib Bandung Juara Liga 1 Indonesia, Akhiri Penantian 10 Tahun 

Published

on

AKTUALITAS.ID – Persib Bandung akhirnya menuntaskan penantian panjang selama satu dekade untuk kembali menjuarai Liga 1 Indonesia. Gelar ini mereka raih setelah mengalahkan Madura United dengan skor 3-1 pada leg kedua final Championship Series di Stadion Gelora Bangkalan, Bangkalan, Jumat malam. Kemenangan ini sekaligus memastikan keunggulan agregat 6-1 atas Madura United, setelah pada leg pertama di Bandung, Persib menang dengan skor 3-0.

Ini merupakan gelar pertama Persib Bandung pada era Liga 1 Indonesia, setelah terakhir kali mereka menjuarai Liga Super Indonesia pada tahun 2014. Pada pertandingan ini, gol-gol kemenangan Persib dicetak oleh David Da Silva, Marc Klok, dan Beckham Putra Nugraha pada babak kedua, sementara Madura United hanya mampu membalas lewat tendangan penalti Slamet Nurcahyo.

Meski berstatus tim tamu, Persib Bandung langsung mengambil inisiatif menyerang sejak awal pertandingan. Peluang pertama hadir melalui tendangan Ciro Alves yang sayangnya masih melebar dari gawang Madura United. Tidak lama berselang, Persib kembali mengancam lewat sundulan David Da Silva yang menerima umpan sepak pojok dari Ciro, namun bola masih membentur tiang gawang.

Setelah sempat tertekan, Madura United berbalik menyerang. Peluang terbaik mereka datang dari sundulan Cleberson yang memanfaatkan skema sepak pojok, tetapi bola masih menyamping dari gawang Persib. Persib kembali menciptakan peluang emas lewat skema serangan balik yang dimotori oleh David Da Silva dan diselesaikan dengan tendangan Ciro Alves, tetapi upaya tersebut masih bisa ditepis oleh kiper Madura, Lucas Frigeri.

Memasuki babak kedua, Madura United mengambil inisiatif menyerang terlebih dahulu. Namun, beberapa peluang yang mereka ciptakan masih belum mampu membahayakan gawang Persib yang dijaga oleh Kevin Ray Mendoza. 

Persib akhirnya memecah kebuntuan pada menit ke-60. Gol pertama dicetak oleh David Da Silva yang memanfaatkan bola muntah hasil tendangan Ciro Alves. Skor berubah menjadi 1-0 untuk keunggulan Persib. Tertinggal satu gol, Madura United berusaha bangkit dan memberikan ancaman melalui tendangan Riyatno Abiyoso dan Malik Risaldi, tetapi kedua peluang tersebut masih bisa dihalau oleh Mendoza.

Di tengah tekanan dari Madura United, Persib justru mampu menggandakan keunggulan pada menit ke-86. Umpan tarik dari Ciro Alves berhasil dikonversi menjadi gol oleh Marc Klok. Pada waktu tambahan babak kedua, tepatnya pada menit ke-90+2, Persib menambah keunggulan menjadi 3-0 melalui gol Beckham Putra Nugraha yang memanfaatkan umpan tarik dari Ciro Alves.

Madura United akhirnya mampu memperkecil ketertinggalan melalui eksekusi tendangan penalti Slamet Nurcahyo di penghujung pertandingan. Penalti ini diberikan setelah pelanggaran di kotak penalti yang tak dapat dibendung oleh kiper cadangan Persib, Teja Paku Alam. Skor 3-1 bertahan hingga wasit meniup peluit panjang.

Kemenangan ini membawa Persib Bandung meraih gelar Liga 1 Indonesia musim 2023/2024, sekaligus menjadi momen bersejarah bagi klub yang bermarkas di Bandung tersebut. Para pemain, pelatih, dan suporter merayakan kemenangan ini dengan penuh suka cita, menandai akhir penantian panjang selama 10 tahun untuk kembali merasakan manisnya gelar juara. (NOUFAL/RAFI)

Trending

Exit mobile version