Connect with us

Berita

DK PBB Setujui Resolusi Gencatan Senjata di Gaza, Palestina

Published

on

AKTUALITAS.ID – Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa (DK PBB) telah menyetujui resolusi yang dirancang oleh Amerika Serikat (AS) untuk menghentikan permusuhan di Gaza, Palestina. Resolusi ini diadopsi dengan dukungan 14 suara, sementara satu suara abstain dari Rusia. 

Menurut rancangan resolusi yang diperoleh CNN pada Senin (10/6), DK PBB menyatakan: “Menyambut baik proposal gencatan senjata baru yang diumumkan pada tanggal 31 Mei, yang diterima Israel, menyerukan Hamas untuk juga menerimanya, dan mendesak kedua belah pihak untuk sepenuhnya menerapkan ketentuan-ketentuannya tanpa penundaan dan tanpa syarat.”

Sementara itu, laporan dari Reuters menyebutkan bahwa milisi Hamas menyambut baik resolusi DK PBB tersebut yang mendukung adanya gencatan senjata. Hamas juga menyatakan kesiapannya untuk bekerja sama dengan mediator dalam melaksanakan prinsip-prinsip rencana tersebut.

Rencana gencatan senjata ini mencakup tiga fase utama yang dirancang untuk memulihkan stabilitas dan melakukan rekonstruksi di Gaza, yang sebagian besar telah hancur akibat pertempuran. 

Pada tahap pertama rencana ini akan dimulai dengan pertukaran sandera-tahanan dan gencatan senjata jangka pendek. Langkah ini diharapkan dapat mengurangi ketegangan dan memulai proses dialog yang konstruktif antara kedua belah pihak.

Kemudian pada tahap kedua, Fase ini mencakup “penghentian permusuhan secara permanen” dan penarikan penuh pasukan Israel dari Gaza. Tujuannya adalah untuk menciptakan kondisi yang memungkinkan untuk perdamaian jangka panjang dan mengakhiri konflik bersenjata yang telah berlangsung lama.

Dan Fase terakhir berfokus pada prospek jangka panjang wilayah Gaza dan akan memulai rencana rekonstruksi multi-tahun. Program ini dirancang untuk membangun kembali infrastruktur yang hancur dan meningkatkan kualitas hidup penduduk Gaza.

Pengesahan resolusi ini terjadi beberapa minggu setelah Presiden AS, Joe Biden, mengumumkan bahwa Israel telah menyetujui rencana tiga fase ini, yang diharapkan akan menghasilkan gencatan senjata permanen di Gaza.

Resolusi ini menandai langkah penting dalam upaya internasional untuk menciptakan perdamaian di kawasan yang selama ini dilanda konflik berkepanjangan. Dengan adanya dukungan dari berbagai pihak dan kesiapan Hamas untuk bekerja sama, ada harapan bahwa gencatan senjata ini dapat menjadi awal dari perdamaian yang berkelanjutan di Gaza. (NOUFAL/RAFI)

Trending

Exit mobile version