Connect with us

Jabodetabek

Kualitas Udara Jakarta Memburuk, Warga Diimbau Kurangi Aktivitas Luar

Published

on

alt="kualitas udara jakarta"

AKTUALITAS.ID – Pada Minggu pagi, kualitas udara di DKI Jakarta berada dalam kategori tidak sehat untuk kelompok sensitif. Berdasarkan data situs pemantau kualitas udara IQAir, pada pukul 06.30 WIB, indeks kualitas udara (AQI) di Jakarta mencapai angka 142. Angka partikel halus (PM2.5) tercatat pada konsentrasi polutan 52.2 mikrogram per meter kubik, yang setara dengan 10,4 kali dari nilai panduan kualitas udara tahunan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Kualitas udara yang buruk ini menempatkan Jakarta sebagai kota dengan kualitas udara terburuk ketiga di dunia, setelah Kinshasa, Kongo (171) dan Kampala, Uganda (158). Beberapa wilayah di Jakarta yang terpantau memiliki kualitas udara tidak sehat antara lain Kebon Jeruk, Cakung, dan Kuningan.

Masyarakat diimbau untuk mengurangi aktivitas di luar ruangan dan kelompok sensitif disarankan untuk mengenakan masker saat berada di luar. Selain itu, menutup jendela dan menggunakan penyaring udara juga dianjurkan untuk menghindari paparan udara kotor.

Menurut Sistem Informasi Lingkungan dan Kebersihan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Provinsi DKI Jakarta, kualitas udara di Jakarta secara keseluruhan untuk polusi udara PM2.5 berada pada kategori sedang dengan indeks angka 73. Kategori ini berarti kualitas udara tidak berpengaruh pada kesehatan manusia atau hewan, tetapi bisa mempengaruhi tumbuhan yang sensitif dan nilai estetika.

Wilayah di Jakarta yang terpantau memiliki kualitas udara sedang meliputi Bundaran HI, Jagakarsa, Kelapa Gading, dan Lubang Buaya.

Dalam situasi ini, penting bagi warga Jakarta untuk selalu memantau kualitas udara dan mengambil tindakan pencegahan untuk melindungi kesehatan mereka, terutama bagi kelompok sensitif seperti anak-anak, lansia, dan penderita penyakit pernapasan. Tetap waspada dan beradaptasi dengan kondisi ini sangat diperlukan untuk menjaga kesehatan masyarakat Jakarta. (YAN KUSUMA/RAFI)

Trending

Exit mobile version