Connect with us

Nasional

Terbukti Melanggar Kode Etik, DKPP Pecat Ketua KPU Hasyim Asy’ari

Published

on

AKTUALITAS.ID – Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) resmi memberhentikan Hasyim Asy’ari dari jabatannya sebagai Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU). Putusan ini diumumkan oleh Ketua DKPP, Heddy Lukito, dalam sidang pengucapan putusan yang berlangsung di Gedung DKPP, Jakarta, Rabu (3/7/2024).

Heddy Lukito menyampaikan bahwa Hasyim Asy’ari terbukti melanggar Kode Etik dan Pedoman Perilaku Penyelenggara Pemilu. Keputusan ini merupakan tindak lanjut dari aduan yang diajukan oleh seorang perempuan berinisial CAT, yang merupakan Anggota Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) Den Haag, Belanda.

“Mengabulkan pengaduan pengadu untuk seluruhnya,” ujar Heddy saat membacakan putusan. “Menjatuhkan sanksi pemberhentian tetap kepada teradu Hasyim Asy’ari selaku Ketua merangkap Anggota Komisi Pemilihan Umum terhitung sejak putusan ini dibacakan,” tambahnya.

Keputusan tersebut juga memerintahkan Presiden Joko Widodo untuk melaksanakan putusan ini dalam waktu maksimal tujuh hari sejak pembacaan putusan. Selain itu, Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) diperintahkan untuk mengawasi pelaksanaan putusan ini.

Dalam putusannya, DKPP menyatakan bahwa Hasyim Asy’ari terlibat dalam hubungan seksual dengan CAT pada 3 Oktober 2023 di kamar hotel tempat Hasyim menginap selama kunjungannya ke Den Haag untuk urusan kepemiluan. Menurut DKPP, hubungan tersebut terjadi secara paksa.

“Berdasarkan uraian fakta-fakta tersebut, DKPP menilai telah terjadi hubungan badan antara teradu dan pengadu pada tanggal 3 Oktober 2023 sesuai dengan bukti P15A, P15B, P15C, P16, P20, dan P21,” jelas anggota DKPP, Ratna Dewi Pettalolo, tanpa merinci detail bukti-bukti tersebut.

Kasus ini menunjukkan betapa pentingnya integritas dan etika dalam penyelenggaraan pemilu. DKPP berharap keputusan ini dapat menjadi pelajaran bagi semua penyelenggara pemilu untuk selalu menjunjung tinggi kode etik dan pedoman perilaku dalam menjalankan tugasnya. (YAN KUSUMA/RAFI)

Trending

Exit mobile version