Connect with us

Ragam

Ini Manfaat Matikan Ponsel Saat Tidur

Published

on

Ilustrasi. Bermain Ponsel saat hendak tidur. (ist)

AKTUALITAS.ID – Sebuah studi baru menunjukkan bahwa mematikan ponsel adalah langkah penting untuk memastikan anak-anak praremaja mendapatkan tidur yang mereka butuhkan. Laporan yang diterbitkan pada 22 Juli di Journal of Adolescent Health menemukan bahwa membiarkan dering ponsel menyala dikaitkan dengan risiko gangguan tidur 25% lebih tinggi di antara anak-anak praremaja berusia 11 dan 12 tahun.

Penelitian ini melibatkan ratusan praremaja yang diminta untuk melaporkan kebiasaan penggunaan ponsel mereka serta pola tidur mereka. Hasilnya menunjukkan bahwa anak-anak yang membiarkan ponsel mereka menyala sepanjang malam lebih rentan mengalami gangguan tidur dibandingkan dengan mereka yang mematikan ponsel sebelum tidur.

Selain itu, sekitar 16% dari anak-anak praremaja yang berpartisipasi dalam penelitian ini melaporkan bahwa dalam seminggu terakhir, mereka terbangun oleh panggilan telepon, pesan teks, atau email yang masuk saat mereka tidur. Gangguan ini mengakibatkan kurangnya waktu tidur yang diperlukan untuk perkembangan dan kesehatan mereka.

Yang lebih mengejutkan, bahkan mengubah notifikasi ponsel menjadi senyap atau bergetar masih dikaitkan dengan kurangnya waktu tidur. Para peneliti menyimpulkan bahwa meskipun notifikasi tidak mengeluarkan suara, getaran atau cahaya dari ponsel yang menyala tetap mengganggu tidur anak-anak.

Dr. Arif Rahman, seorang pakar kesehatan anak, menekankan pentingnya tidur yang cukup untuk pertumbuhan dan perkembangan anak. “Tidur yang tidak cukup dapat mempengaruhi konsentrasi, mood, dan kinerja akademis anak-anak. Oleh karena itu, sangat penting bagi orang tua untuk memastikan bahwa anak-anak mereka mendapatkan tidur yang berkualitas,” ujarnya.

Untuk mengatasi masalah ini, para ahli merekomendasikan agar orang tua menetapkan aturan penggunaan ponsel sebelum tidur. Mematikan ponsel sepenuhnya atau menyimpannya di luar kamar tidur anak bisa menjadi solusi efektif untuk meningkatkan kualitas tidur mereka.

Penelitian ini menambah bukti yang semakin kuat tentang dampak negatif penggunaan ponsel yang berlebihan terhadap kesehatan tidur anak-anak. Dengan menerapkan langkah-langkah pencegahan yang tepat, diharapkan anak-anak praremaja dapat tidur lebih nyenyak dan menjalani hari-hari mereka dengan energi dan fokus yang lebih baik. (NAUFAL/RAFI)

Trending

Exit mobile version