Connect with us

Berita

Bambang Widjojanto Minta KPK Buka Penyelidikan Dugaan Korupsi Kartu Prakerja

AKTUALITAS.ID – Mantan Pimpinan Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Bambang Widjojanto meminta, lembaga antirasuah yang dikomandoi Komjen Firli Bahuri membuka penyelidikan terkait dugaan korupsi program Kartu Prakerja. Menurut pria yang akrab disapa BW ini, KPK perlu melakukan tindakan lebih dari sekadar kajian terkait program yang digaungkan Presiden Joko Widodo atau Jokowi sejak era masa kampanye […]

Published

on

AKTUALITAS.ID – Mantan Pimpinan Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Bambang Widjojanto meminta, lembaga antirasuah yang dikomandoi Komjen Firli Bahuri membuka penyelidikan terkait dugaan korupsi program Kartu Prakerja.

Menurut pria yang akrab disapa BW ini, KPK perlu melakukan tindakan lebih dari sekadar kajian terkait program yang digaungkan Presiden Joko Widodo atau Jokowi sejak era masa kampanye itu.

“Setop dengan kajian, masuk di penyelidikan. Tugas litbang (penelitian dan pengembangan) sudah selesai di situ, sekarang tugas penyelidikan mulai masuk,” ujar BW dalam keterangannya, Sabtu (20/6/2020).

BW menegaskan lembaga penegak hukum seperti KPK harus menelisik dugaan tindak pidana korupsi di program tersebut. Kajian, kata dia, adalah tugas para peneliti bukan lembaga penegak hukum

“Kalau hanya memetakan masalah dan memetakan temuan, itu sebenarnya kerjaan peneliti. Tetapi kalau pekerjaannya advokat atau penegak hukum dia akan menemukan apakah tindakan itu dilakukan secara sengaja atau kelalaiannya. Jadi dengan begitu mens reanya jelas,” kata dia.

Sebelumnya, Wakil Ketua KPK Alexander Marwata menyebutkan metode pelaksanaan pelatihan program kartu prakerja yang dilakukan secara online tidak efektif. Bahkan, menurut Alexander program itu bisa menimbulkan kerugian keuangan negara.

OASE

INFOGRAFIS

WARGANET

Trending