Connect with us

Berita

Kapolda Sumsel Optimistis Kesiapan Muba Cegah Karhutbunlah

AKTUALITAS.ID – Kapolda Sumsel Irjen Pol  Eko Indra Heri mengaku optimis Pemkab Muba bisa mengantisipasi dalam upaya pencegahan kebakaran hutan kebun dan lahan (karhutbunlah). Dirinya menilai, langkah konkrit dan aksi nyata Bupati Muba dalam mencegah karhutbunlah sangat serius hal tersebut juga dituangkan dalam Surat Keputusan Bupati Muba Nomor: 114/KPTS-BPBD/2020 Tentang Penetapan Siaga Darurat Bencana Asap […]

Published

on

AKTUALITAS.ID – Kapolda Sumsel Irjen Pol  Eko Indra Heri mengaku optimis Pemkab Muba bisa mengantisipasi dalam upaya pencegahan kebakaran hutan kebun dan lahan (karhutbunlah).

Dirinya menilai, langkah konkrit dan aksi nyata Bupati Muba dalam mencegah karhutbunlah sangat serius hal tersebut juga dituangkan dalam Surat Keputusan Bupati Muba Nomor: 114/KPTS-BPBD/2020 Tentang Penetapan Siaga Darurat Bencana Asap Akibat Kebakaran Hutan dan Lahan di Muba. 

“Kalau melihat kesiapan serta sarana dan prasarana yang telah ada, saya optimis Muba mampu meminimalisir serta mencegah karhutbunlah,” ungkapnya dalam keterangan pers yang diterima Aktualitas.id, Minggu (28/6/2020). 

Menurutnya, Pemkab Muba bersama jajaran sangat serius menekan potensi terjadinya karhutbunlah. “Selain itu, untuk menjaga potensi-potensi terjadinya karhutbunlah juga dibutuhkan edukasi ke warga secara masif,” terangnya. 

Dalam kesempatan tersebut, Putra Daerah Sumsel ini mengajak untuk selalu berdoa. “Kita harus terus selalu berdoa agar wabah covid-19 ini segera berlalu dan Muba terhindar dari ancaman karhutbunlah,” ungkapnya. 

Sementara itu Bupati Muba Dodi Reza Alex yang diwakili Plt Asisten I Pemkab Muba Yudi Herzandi mengungkapkam saat ini masih ada perusahaan yang masih belum terlalu aktif dalam upaya pencegahan karhutbunlah.

Oleh sebab itu Pemerintah akan menyiapkan aturan dan regulasi yang diikuti audit khusus terhadap kesiapan perusahaan dalam menghadapi Karhutlah.

“Sehingga kedepannya perusahaan lebih efektif dalam upaya pencegahan karhutbunlah di wilayah masing-masing,” tegasnya. 

Lanjutnya, penyediaan sarana prasarana juga harus dimaksimalkan dalam upaya pencegahan karhutbunlah. “Jadi belajar dari pengalaman tahun lalu, kalau sekarang sudah bisa di mapping wilayah yang rawan dan tentunya dibekali sarana prasarana yang memadahi,” pungkasnya.

Seperti kita ketahui keberhasilan dalam upaya pengendalian pemadaman Karhutla yang terjadi pada tahun 2019 merupakan kerjasama dan kolaborasi Pemerintah Kabupaten, TNI,  Polri serta unsur terkait, relawan dan masyarakat sekitar.

OASE

INFOGRAFIS

WARGANET

Trending