Habib Syakur Dukung Bobby soal Tembak Mati Begal


AKTUALITAS.ID – Inisiator Gerakan Nurani Kebangsaan (GNK), Habib Syakur Ali Mahdi Al Hamid memberikan respons positif atas dorongan Walikota Medan Bobby Nasution agar Polri tak segan-segan memberikan tindakan tegas dan terukur terhadap para pelaku pembegalan.

Menurutnya, tindakan tersebut benar dan perlu dimasifkan agar perilaku kriminal pembegal bisa semakin ditekan dan dimininalisir.

“Saya kecenderungan setuju dengan wacana itu. Karena memang perlu ada efek jera, bukan hanya kepada pelaku, tapi kepada mereka yang hendak melakukan tindakan serupa,” kata Habib Syakur kepada wartawan, Kamis malam (13/7).

Menurutnya, pembegalan adalah sebuah tindakan kriminal yang sangat membahayakan orang lain. Tidak hanya sekadar kehilangan harta benda, tak jarang para korban juga sampai kehilangan anggota badan karena sabetan senjata tajam pelaku, maupun yang sampai harus meninggal dunia.

“Berikan preseden bahwa pelaku begal bisa berujung ditembak mati di tempat. Artinya, ketika pelaku melakukan kejahatannya, dia tentu tahu risiko terburuk dari ulahnya itu,” ujarnya.

Pun demikian, ia tetap berharap agar Polri pun tidak mengedepankan tindakan tembak mati, jika masih perlu bisa ditangkap saja atau dilumpuhkan. Namun jika sudah mengancam nyawa orang lain dan petugas, tembak mati bisa menjadi opsi yang tepat.

“Ya kalau masih bisa ditangkap saja lebih baik, kalau tidak ya bisa ditembak kakinya agar lumpuh pergerakan kejahatannya. Kalau tidak, mau bagaimana lagi, risiko mbegal,” tuturnya.

Lebih lanjut, ulama asal Malang Raya itu juga sekaligus memberikan kritikan kepada LSM KontraS yang memaksa agar Bobby Nasution meminta maaf atas pernyataannya. Sebab lembaga tersebut tidak setuju jika pelaku begal harus ditembak mati karena alasan kemanusiaan.

“Saya cuman berharap orang-orang KontraS tidak ada yang putus tangannya ditebas celurit begal. Itu saja saya kira respons saya untuk LSM itu,” pungkasnya. (Red)