Roberth Rouw Nilai Empat Pilar Kebangsaan Bisa Jaga Stabilitas Bangsa


AKTUALITAS.ID – Anggota MPR/DPR RI dari daerah pemilihan Papua, Roberth Rouw menilai bahwa empat pilar kebangsaan harus ditegakkan dan dijaga oleh segenap komponen bangsa.

Empat pilar tersebut yakni, Pancasila, Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dan Bhinneka Tunggal Ika.

“Ke- 4 pilar tersebut bisa menjaga stabilitas bangsa Indonesia, empat pilar ini tidaklah berdiri sendiri, namun memiliki fungsi yang saling mendukung dan menguatkan satu sama lain. Apabila salah satu pilar tidak dapat ditegakkan sebagaimana mestinya, maka dapat berdampak buruk bagi stabilitas bangsa dan negara,” Kata Roberth.

Hal tersebut diungkapkan Roberth saat menggelar sosialisasi Empat Pilar kebangsaan MPR RI di Serui, Kabupaten Kepulauan Yapen, Papua, Selasa (18/7/2023).

Roberth yang juga merupakan Ketua Fraksi Partai Nasdem DPR RI itu menuturkan, ke-4 pilar tersebut tidak dapat ditegakkan oleh satu atau beberapa komponen bangsa saja, namun harus ditegakkan dan dijaga sekuat tenaga oleh seluruh komponen bangsa.

“Selain itu, menegakkan ke-4 pilar tersebut tidak dapat dilakukan secara asal-asalan, namun harus dilandasi dengan pemahaman yang komprehensif dan kesadaran yang berasal dari hati nurani, karena keempat pondasi bangsa tersebut menjadi pegangan bagi seluruh masyarakat Indonesia ke depan,” Imbuhnya.

Karena itu, Roberth yang juga menjabat sebagai Wakil Ketua Komisi V DPR RI itu menuturkan, melalui sosialisasi empat pilar ini bangsa Indonesia mendapatkan kumpulan nilai-nilai luhur yang harus dipahami dan menjadi panduan dalam kehidupan bernegara untuk mewujudkan bangsa dan negara yang adil, makmur, sejahtera, dan bermartabat.

“Nilai dari empat pilar kebangsaan ini sangat perlu kita pahami dalam kehidupan kita sehari-hari, sehingga kita bisa menjadi bangsa yang merdeka, bersatu, berdaulat, dan mendapatkan kehidupan yang adil dan makmur,” pungkasnya. [Kiki Budi Hartawan/Rizky Ramadhan]