Connect with us

Berita

Dinas Pendidikan DKI Jakarta Buka Pendaftaran PPDB 2024 Secara Daring

Published

on

AKTUALITAS.ID – Dinas Pendidikan (Disdik) DKI Jakarta secara resmi membuka pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun 2024 untuk jenjang SD hingga SMA secara daring. Pendaftaran berlangsung mulai 10 Juni hingga 4 Juli 2024, dengan pendaftaran akun dimulai hari ini, 20 Mei hingga 27 Mei 2024.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta, Budi Awaluddin, mengumumkan hal ini pada konferensi pers yang digelar di Kantor Disdik DKI Jakarta, Jakarta Selatan, Senin (20/5). 

Budi menyatakan bahwa pendaftaran online untuk jenjang SD sudah dapat dimulai, diikuti jenjang SMP pada 27 Mei, dan SMA serta SMK pada 3 Juni.

“Calon Peserta Didik Baru (CPDB) adalah penduduk DKI Jakarta yang dibuktikan dengan kartu keluarga dan berdomisili di DKI. Jadi yang tidak berdomisili di DKI Jakarta mohon maaf, ya walaupun ber-KTP di DKI Jakarta ini tidak bisa untuk mendaftar,” ujar Budi.

Budi juga menyampaikan bahwa daya tampung siswa pada jenjang SD masih memadai, sementara daya tampung untuk jenjang SMP dan SMA negeri cukup terbatas.cpdb

“Untuk SD memiliki daya tampung sebanyak 95.673. Sedangkan untuk SMP tersedia 71 ribu tempat. Dari jumlah CPDB yang ada, yaitu 151 ribu, hanya 47 persen yang bisa diterima. Untuk SMA, daya tampung hanya 20.130, sementara CPDB berjumlah 39.141, atau lebih 35 persen,” jelasnya.

Sebagai solusi bagi keterbatasan daya tampung, Disdik DKI Jakarta membuka jalur PPDB bersama yang memungkinkan calon siswa SMA dan SMK memilih sekolah swasta melalui jalur afirmasi. “Siswa yang diterima melalui jalur PPDB bersama ini tidak akan dipungut biaya,” tambah Budi.

Orang tua siswa dapat membuat akun PPDB di situs resmi Disdik DKI Jakarta, https://disdik.jakarta.go.id/. Selain itu, terdapat 12 posko PPDB yang tersebar di berbagai titik di Jakarta untuk membantu pendaftaran akun. “Dinas Dukcapil juga akan memberikan pendampingan di posko-posko tersebut,” ungkap Budi.

Dengan dimulainya pendaftaran PPDB 2024 ini, diharapkan proses penerimaan peserta didik baru di Jakarta dapat berjalan lancar dan transparan, memberikan kesempatan yang adil bagi seluruh calon siswa di wilayah DKI Jakarta. (NOUFAL/RAFI)

OASE

INFOGRAFIS

WARGANET

Trending