Connect with us

Berita

Joe Hart Akhiri Karir Sepak Bola Profesional dengan Gemilang

Published

on

AKTUALITAS.ID – Penjaga gawang Celtic dan mantan kiper timnas Inggris, Joe Hart, resmi mengakhiri karir sepak bola profesionalnya pada Sabtu (18/5) setelah membawa Celtic meraih kemenangan 3-2 atas St Mirren dalam pertandingan terakhir Liga Skotlandia musim 2023-2024 di Celtic Park, Glasgow.

Pemain berusia 37 tahun itu mendapat sambutan hangat dari para pendukung tuan rumah. Suasana di Celtic Park penuh haru dengan tepuk tangan meriah dan sebuah spanduk besar bertuliskan “Super Joe Hart” yang dibentangkan di salah satu sisi stadion.

Dalam pernyataan emosionalnya, Joe Hart mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada para pendukung dan semua orang yang terkait dengan klub. “Teman-teman, saya belum pernah merasa sebegitu profesionalnya sepanjang karier saya,” kata Joe Hart sebagaimana dilaporkan AFP. 

“Saya, juga keluarga saya, dari lubuk hati yang terdalam merasa sangat kagum pada kalian, juga semua orang yang berkaitan dengan klub ini,” tambahnya. “Kalian membuat saya merasa begitu istimewa. Saya sangat suka, terima kasih banyak telah menerima saya.”

Pelatih Celtic, Brendan Rodgers, memuji Hart sebagai sosok penjaga gawang yang memiliki kepemimpinan kuat dan etos kerja yang tidak mudah menyerah. “Dia pergi dari sini pada pekan depan sebagai seorang legenda klub. Itu adalah hari yang indah baginya,” ujar Rodgers.

Joe Hart memulai karir profesionalnya bersama Shrewsbury Town sebelum direkrut oleh Manchester City pada tahun 2006. Pada awal karirnya bersama The Citizens, Hart sempat dipinjamkan ke beberapa klub seperti Tranmere Rovers, Blackpool, dan Birmingham City. Hart kemudian menjadi kiper utama Manchester City di bawah kepelatihan Roberto Mancini antara tahun 2010 hingga 2013, sekaligus menjadi penjaga gawang utama timnas Inggris pada periode tersebut.

Namun, karir Hart di Manchester City mulai meredup saat Pep Guardiola mengambil alih kursi kepelatihan pada tahun 2016 dan merekrut kiper asal Chile, Claudio Bravo. Hart kemudian dipinjamkan ke Torino dan West Ham United sebelum akhirnya direkrut secara permanen oleh Burnley pada tahun 2018.

Pada tahun 2021, Joe Hart bergabung dengan Celtic dan menjalani karir yang sukses di Skotlandia. Selama tiga musim di Celtic, Hart mencatatkan 109 penampilan dan menjadi figur kunci di timnya.

Karir Joe Hart yang gemilang dan penuh dedikasi ini ditutup dengan sebuah kemenangan manis, mengukuhkan dirinya sebagai salah satu penjaga gawang terbaik yang pernah dimiliki Inggris dan meninggalkan jejak yang mendalam di dunia sepak bola. 

“Terima kasih banyak, Celtic,” tutup Hart dalam pesan perpisahannya yang penuh rasa syukur dan emosional. (YAN KUSUMA/RAFI)

OASE

INFOGRAFIS

WARGANET

Trending