Connect with us

Berita

Muba Gandeng Tiga Perguruan Tinggi untuk Kuliah Gratis Hingga S2

Published

on

AKTUALITAS.ID – Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) melanjutkan komitmennya dalam meningkatkan kualitas pendidikan dengan menggandeng tiga perguruan tinggi negeri (PTN) untuk menyediakan kuliah gratis hingga jenjang strata dua (S2) bagi warga kurang mampu. Program yang telah berjalan sejak tahun 2022 ini bertujuan untuk memberikan kesempatan pendidikan tinggi bagi putra-putri asli Muba yang berprestasi namun memiliki keterbatasan ekonomi.

Sekretaris Daerah Muba, Apriyadi Mahmud, dalam pernyataannya di Sekayu pada hari Jumat, menyampaikan bahwa tiga perguruan tinggi yang menjadi mitra dalam program kuliah gratis tersebut adalah Telkom University, Sekolah Tinggi Ilmu Pertanian (Stiper) Yogyakarta, dan Universitas Sriwijaya (Unsri).

“Pemkab Muba merupakan penyelenggara pertama di Indonesia yang menyediakan program kuliah gratis hingga jenjang S2, yang dimulai sejak dua tahun terakhir. Program ini menyasar putra-putri asli Muba yang berprestasi dan berasal dari keluarga kurang mampu atau miskin,” ujar Apriyadi.

Program kuliah gratis ini merupakan pengembangan dari program sekolah gratis yang telah dimulai sejak puluhan tahun lalu di era Bupati Muba Alex Noerdin. “Pemkab Muba sebagai pelopor program sekolah gratis dari SD-SMA, kini mengembangkan program kuliah gratis juga dari Bumi Serasan Sekate ini,” tambah Apriyadi.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Muba, Iskandar Syahrianto, menjelaskan bahwa untuk tahun akademik 2023/2024, tersedia puluhan kuota beasiswa kuliah gratis di Telkom University dengan berbagai pilihan jurusan seperti S1 Fakultas Teknik Elektro, S1 Fakultas Komunikasi Bisnis, S1 Fakultas Informatika, S1 Fakultas Industri Kreatif, S1 Fakultas Rekayasa Industri, D3 Fakultas Ilmu Terapan, dan S1 Fakultas Ekonomi Bisnis.

Selain itu, terdapat 80 kuota untuk program kuliah gratis di Sekolah Tinggi Ilmu Pertanian Yogyakarta. “Sebanyak 59 mahasiswa baru Tahun Akademik 2023/2024 di Program Pascasarjana FKIP Unsri juga telah menjadi penerima program kuliah gratis dari Pemkab Muba,” ujar Iskandar.

Untuk dapat mengikuti program kuliah gratis ini, para calon mahasiswa diharuskan memenuhi beberapa syarat, salah satunya adalah memiliki nilai rapor semester 1-5 dengan minimal nilai 75 untuk mata pelajaran matematika, fisika, bahasa Indonesia, dan bahasa Inggris.

Dengan adanya program ini, diharapkan dapat membantu mencetak sumber daya manusia berkualitas dari Musi Banyuasin yang siap berkontribusi bagi pembangunan daerah dan nasional. Pemkab Muba terus berupaya meningkatkan akses pendidikan dan menciptakan kesempatan yang lebih baik bagi generasi muda Muba melalui program-program inovatif dan berkelanjutan. (KAISAR/RAFI)

OASE

INFOGRAFIS

WARGANET

Trending