Connect with us

Berita

BMKG Peringatkan Potensi Hujan di Berbagai Wilayah Indonesia

Published

on

AKTUALITAS.ID – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini cuaca terkait potensi hujan yang masih akan turun di sejumlah wilayah di Indonesia. Hujan diprediksi terjadi mulai dari intensitas ringan hingga deras di berbagai daerah, termasuk beberapa kota besar.

Menurut peringatan yang dikeluarkan BMKG, hujan lebat diperkirakan akan mengguyur sejumlah wilayah di Provinsi Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Kepulauan Riau, Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, Banten, dan Jawa Tengah.

Selain itu, wilayah Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Maluku Utara, Maluku, dan Papua juga berpotensi mengalami hujan lebat.

BMKG juga mengingatkan kemungkinan terjadinya hujan dengan intensitas lebih ringan di beberapa wilayah lainnya, seperti Lampung, Jawa Barat, Jawa Timur, Nusa Tenggara Barat, Kalimantan Selatan, dan Papua Barat.

Secara khusus, hujan deras dengan intensitas sedang diprakirakan akan turun di Kota Bengkulu, Gorontalo, Jambi, Bandung, Banjarmasin, Tarakan, Tanjung Pinang, Ambon, Jayapura, Makassar, Kendari, dan Manado.

Sementara itu, hujan ringan diperkirakan terjadi di Kota Denpasar, Ternate, Manokwari, Mamuju, Padang, dan Palembang.

Untuk wilayah Jakarta, BMKG memprediksi cuaca cerah berawan akan mendominasi pada pagi dan siang hari. Namun, pada malam hari, wilayah Jakarta Barat, Jakarta Selatan, dan Jakarta Timur akan mengalami kondisi berawan.

Selain itu, BMKG juga mengingatkan sejumlah wilayah untuk waspada terhadap dampak hujan lebat, seperti potensi banjir. Wilayah-wilayah tersebut termasuk Sumatera Selatan, Jawa Barat, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Utara, Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Gorontalo, dan Sulawesi Barat.

Kategori waspada juga berlaku untuk wilayah Maluku, Maluku Utara, Papua Barat, Papua Barat Daya, Papua Tengah, Papua, Papua Pegunungan, dan Papua Selatan.

BMKG mengimbau masyarakat untuk tetap waspada dan mempersiapkan diri terhadap kemungkinan cuaca ekstrem yang dapat terjadi. Informasi lebih lanjut mengenai prakiraan cuaca dapat diakses melalui situs resmi BMKG atau aplikasi mobile BMKG. (YAN KUSUMA/RAFI)

OASE

INFOGRAFIS

WARGANET

Trending