Connect with us

Dunia

Pakistan Kembali Hadapi Lonjakan Polio, Tiga Kasus Baru Dilaporkan

Published

on

Pakistan mengonfirmasi tiga kasus baru polio di seluruh negeri, sehingga total kasus yang dilaporkan tahun ini menjadi 21 kasus, menurut media lokal pada Sabtu (21/9/2024). (ANTARA/Anadoly)

AKTUALITAS.ID – Pakistan kembali menghadapi tantangan kesehatan serius setelah tiga kasus baru polio dikonfirmasi di berbagai wilayah negara tersebut. Dengan tambahan ini, total kasus polio yang dilaporkan sepanjang tahun 2024 naik menjadi 21 kasus.

Kasus terbaru dilaporkan dari tiga provinsi berbeda: Sindh di selatan, Balochistan di barat daya, dan Khyber Pakhtunkhwa di barat laut. Menurut laporan media lokal, Samaa TV, kasus pertama di provinsi Khyber Pakhtunkhwa tahun ini terjadi pada seorang bayi perempuan berusia sembilan bulan di distrik Mohmand. Gubernur Khyber Pakhtunkhwa, Ali Amin Gandapur, segera mengambil langkah tegas dengan memecat sementara pejabat kesehatan distrik dan koordinator program pemberantasan polio setempat.

Provinsi Balochistan mencatat jumlah kasus terbanyak dengan 14 kasus, disusul Sindh dengan 4 kasus, sementara Punjab dan Khyber Pakhtunkhwa masing-masing melaporkan satu kasus. Islamabad juga melaporkan kasus pertamanya pada awal bulan ini.

Polio merupakan penyakit sangat menular yang disebabkan oleh poliovirus dan mayoritas menyerang anak-anak di bawah usia lima tahun. Virus ini menyerang sistem saraf pusat dan dapat menyebabkan kelumpuhan permanen, atau bahkan kematian.

Upaya pemerintah Pakistan untuk memberantas polio menghadapi hambatan besar, salah satunya adalah kekerasan yang ditargetkan kepada tim vaksinasi. Serangan militan yang sering menyasar para petugas kesehatan dan polisi pengawalnya telah memperlambat kampanye vaksinasi nasional di beberapa daerah.

Meskipun demikian, pemerintah terus berupaya meningkatkan program vaksinasi untuk mencegah penyebaran lebih lanjut dari virus yang mematikan ini. (NAUFAL/RAFI)

OASE

INFOGRAFIS

WARGANET

Trending