Connect with us

Dunia

Arab Saudi Minta Dunia Terang-terangan Akui Negara Palestina

Published

on

Menteri Luar Negeri Arab Saudi, Pangeran Faisal bin Farhan Al-Saud, Foto: EPA-EFE/ANDREJ CUKIC

AKTUALITAS.ID – Arab Saudi bersuara mengenai situasi Palestina saat ini. Arab Saudi melalui Menteri Luar Negeri (Menlu) Pangeran Faisal bin Farhan meminta negara-negara dunia yang mengakui negara Palestina agar mengumumkan dukungannya secara terbuka.

“Kepada negara-negara yang telah secara pribadi menyatakan kesediaan mereka untuk melakukan ini, saya mendesak Anda untuk mengambil langkah penting ini secara terbuka,” ujarnya, dilansir Al Arabiya, Sabtu (5/10/2024).

Faisal mengatakan bahwa saat ini adalah waktu yang tepat. Dia meminta negara-negara dunia berada di sisi sejarah yang benar.

“Sekarang lah saatnya untuk berdiri di sisi sejarah yang benar,” tulis diplomat top Saudi tersebut dalam sebuah opini untuk Financial Times.

Faisal mengatakan pengakuan ini adalah hak dari rakyat Palestina. Menurutnya, diplomat Saudi sedang bekerja agar Palestina diakui sebagai negara berdaulat oleh dunia.

“Penentuan nasib sendiri adalah hak yang tidak dapat dicabut, yang tidak hanya layak diterima tetapi juga dimiliki oleh rakyat Palestina. Para diplomat kami telah bekerja tanpa lelah bersama orang lain untuk mengamankan pengakuan Palestina sebagai negara berdaulat secara global,” tulis Pangeran Faisal dalam tajuk rencana tersebut.

Mengulangi pernyataan Putra Mahkota Saudi Mohammed bin Salman sebelumnya, Menlu Saudi itu mengatakan masalah Palestina berada di garis depan perhatian Saudi.

“Arab Saudi akan bekerja tanpa lelah untuk mendirikan negara Palestina yang merdeka dengan Yerusalem Timur sebagai ibu kotanya, dan tidak akan menjalin hubungan diplomatik dengan Israel tanpa syarat ini,” tegasnya.

“Pembentukan negara Palestina yang merdekalah yang akan memberikan keuntungan yang kita cari: stabilitas regional, integrasi, dan kemakmuran,” imbuhnya. (Enal Kaisar)

OASE

INFOGRAFIS

WARGANET

Trending