Connect with us

EkBis

14 Rumah Menteri Siap Sambut Sidang Kabinet Perdana di IKN

Published

on

Pekerja pembersih ruangan melintasi salah satu rumah menteri di kawasan Rumah Tapak Jabatan Menteri (RTJM) di Jalan Sumbu Barat, IKN, Kalimantan Timur. (ANTARA)

AKTUALITAS.ID – Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat sekaligus Pelaksana Tugas (Plt.) Kepala Otorita Ibu Kota Negara (IKN), Basuki Hadimuljono, mengumumkan bahwa 14 Rumah Tapak Jabatan Menteri siap digunakan oleh para menteri yang akan menghadiri sidang kabinet perdana di Ibu Kota Nusantara, Kalimantan Timur.

“Sebanyak 14 Rumah Tapak Jabatan Menteri siap untuk dimanfaatkan,” ungkap Basuki di Jakarta, Jumat (2/8/2024).

Penempatan dan pengaturan rumah jabatan bagi para menteri akan dikoordinasikan oleh Kementerian Sekretariat Negara. 

“Nanti yang mengatur Bapak Menteri Sekretariat Negara, siapa ditempatkan di mana,” tambah Basuki.

Sidang kabinet tersebut akan dipimpin oleh Presiden Joko Widodo dan dijadwalkan berlangsung pada Senin, 12 Agustus 2024 di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur. Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melaporkan bahwa 14 dari total 36 unit rumah menteri telah siap dan sudah dilengkapi perabotan.

Rumah tapak jabatan menteri ini berlokasi di area Persil 105, mencakup kavling 1 hingga 10 dengan tingkat penyelesaian antara 99,75% hingga 100%. Dari 36 unit rumah yang dibangun, 11 unit berada di area downslope dan 25 unit di area upslope, dengan total luas lahan 20,4 hektare. Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi termasuk di antara mereka yang akan menempati 14 unit rumah yang telah lengkap dengan perabotan.

Perabotan dalam rumah-rumah tersebut mencakup kursi dan meja di ruang makan, ruang kerja, dan ruang tamu, dipan dan kasur, lemari pakaian, hingga perlengkapan dapur. 

“Seluruh perabotan merupakan produksi dalam negeri,” jelas Basuki.

Lokasi Rumah Tapak Jabatan Menteri (RTJM) ini berada di Jalan Sumbu Barat, sekitar 1 kilometer dari Istana Negara IKN. Kawasan ini juga telah dilengkapi dengan prasarana fungsional, seperti jalan kawasan di persil 105, pedestrian persil 105, serta fasilitas pendukung lainnya termasuk pool sampah dan rumah genset.

Dengan fasilitas yang telah disiapkan secara maksimal, diharapkan pelaksanaan sidang kabinet perdana di Ibu Kota Nusantara dapat berjalan lancar dan memberikan dampak positif bagi percepatan pembangunan IKN. (NAUFAL/RAFI)

OASE

INFOGRAFIS

WARGANET

Trending