Connect with us

EkBis

Pembangunan Bandara Nusantara Ditargetkan Rampung pada Desember 2024

Published

on

Pesawat TNI AU saat melakukan uji coba landasan pacu Bandara Nusantara yang dibangun di wilayah Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur. (dokumen Dispenau)

AKTUALITAS.ID – Pembangunan Bandara Nusantara yang terletak di Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, sebagai bagian dari infrastruktur penunjang ibu kota baru Indonesia, ditargetkan selesai 100 persen pada Desember 2024. Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengungkapkan bahwa saat ini progres pembangunan sudah mencapai tahapan yang signifikan.

“Pengerjaan landasan pacu telah mencapai 2.200 meter dari total panjang 3.500 meter, dan targetnya selesai sepenuhnya pada akhir tahun 2024,” ungkap Budi Karya di Balikpapan, Senin (8/10/2024).

Selain landasan pacu, sejumlah fasilitas pendukung lainnya juga tengah dibangun dengan cepat. Jalan akses utama menuju bandara telah rampung 98,53 persen, sedangkan pembangunan jalan perimeter barat sudah mencapai 66,96 persen dan jalan perimeter timur 50,44 persen.

Fasilitas penting lain seperti menara pengendali lalu lintas udara (ATC) telah mencapai 53,71 persen, sementara gedung administrasi dan operasional mencatat progres 61,03 persen. Tak hanya itu, gedung pertolongan kecelakaan penerbangan dan pemadam kebakaran (PKP-PK) juga sudah selesai 68,71 persen.

Untuk melayani tamu penting, terminal VVIP dan VIP masing-masing telah mencapai 90 persen dan 80 persen. Semua ini menunjukkan bahwa proyek ini terus berjalan sesuai jadwal dan diprediksi selesai pada akhir tahun.

Bandara Nusantara nantinya akan berfungsi sebagai bandara komersial seperti Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan di Balikpapan, namun dengan fokus pada penerbangan jarak jauh. Jarak antara kedua bandara tersebut kurang dari 60 kilometer, yang tetap sesuai dengan aturan kriteria pelayanan bandara di wilayah tersebut berdasarkan Peraturan Menteri Perhubungan Nomor PM 39 Tahun 2019.

“Kalimantan Timur akan segera memiliki dua bandara internasional, mirip dengan beberapa kota besar dunia yang memiliki lebih dari satu bandara dalam jarak yang berdekatan. Contohnya seperti di London, Inggris, yang memiliki lima bandara,” tambah Menhub.

Dengan rampungnya Bandara Nusantara, diharapkan dapat mendukung mobilitas dan pertumbuhan ekonomi di wilayah ibu kota negara baru dan sekitarnya. (NAUFAL/RAFI)

OASE

INFOGRAFIS

WARGANET

Trending