Connect with us

Jabodetabek

Personel Gabungan Bersihkan Monas untuk Kenyamanan Wisatawan 

Published

on

Sebanyak 130 personel gabungan membersihkan kawasan sekitar Monunen Nasional (Monas), Minggu (4/8/2024). (Pemprov DKI Jakarta).

AKTUALITAS.ID – Sebanyak 130 personel gabungan melakukan aksi bersih-bersih di kawasan sekitar Monumen Nasional (Monas), tepatnya di Jalan Medan Merdeka Barat dan Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat. Kegiatan ini bertujuan untuk mempertahankan kebersihan dan kenyamanan area tersebut agar tetap estetik dan layak dikunjungi oleh siapa pun.

“Ini dalam rangka mempertahankan kebersihan dan kenyamanan daerah itu sehingga tetap estetik dan layak dikunjungi siapa pun,” kata Asisten Perekonomian dan Pembangunan Jakarta Pusat, Bakwan Ferizan Ginting.

Pembersihan dilakukan dengan menyisir dua ruas jalan, termasuk Halte Monas 2 di Jalan Medan Merdeka Barat dan Halte IRTI di Jalan Medan Merdeka Selatan. Ginting menambahkan, kegiatan ini melibatkan tidak hanya petugas PPSU (Penanganan Prasarana dan Sarana Umum) dan berbagai OPD (organisasi perangkat daerah), tetapi juga komunitas penarik delman.

Ia menyebutkan, kehadiran komunitas tersebut diharapkan akan menggugah partisipasi publik untuk turut berperan menjaga kebersihan kawasan Monas karena ini ikon wisata di Jakarta Pusat.

Lurah Gambir, Gabriel Mahardika, menambahkan bahwa 130 petugas gabungan tersebut terdiri dari 60 petugas PPSU, 10 petugas dari Suku Dinas Bina Marga, dan masing-masing 20 petugas dari Suku Dinas SDA (Sumber Daya Alam), Suku Dinas LH (Lingkungan Hidup), serta Suku Dinas Tamhut (Pertamanan dan Hutan Kota) Jakarta Pusat. Mereka juga dibantu oleh 35 anggota komunitas penarik delman.

“Ini bagian dari kegiatan rutin kami untuk menjaga kebersihan dan kenyamanan kawasan Monas,” kata Gabriel.

Monas merupakan salah satu tujuan wisata favorit warga Ibu Kota. Pada hari libur atau bertepatan dengan liburan hari besar keagamaan dan akhir pekan, puluhan ribu wisatawan biasanya mengunjungi Monas. Misalnya, pada libur Kenaikan Yesus Kristus dan cuti bersama pada pekan pertama Mei 2024, tercatat 42.878 orang berwisata ke kawasan Monas, dengan 653 di antaranya merupakan wisatawan mancanegara.

Saat itu, jam operasional Monas adalah pukul 06.00-16.00 WIB, dan loket hanya dibuka hingga pukul 15.00 WIB. Tarif naik ke Tugu Monas adalah Rp24 ribu untuk dewasa, Rp13 ribu untuk mahasiswa atau pelajar, dan Rp6 ribu untuk anak-anak. Sedangkan tarif masuk museum adalah Rp8 ribu bagi dewasa, Rp5 ribu untuk mahasiswa atau pelajar, dan Rp3 ribu untuk anak-anak.

Dengan adanya kegiatan rutin pembersihan ini, diharapkan Monas tetap menjadi destinasi wisata yang nyaman dan bersih bagi semua pengunjung. (KAISAR/RAFI)

OASE

INFOGRAFIS

WARGANET

Trending