Connect with us

Nasional

Pelantikan Teguh Prakosa sebagai Wali Kota Surakarta Gantikan Gibran Malam Ini

Published

on

AKTUALITAS.ID – Teguh Prakosa resmi dilantik sebagai Wali Kota Surakarta menggantikan Gibran Rakabuming Raka pada Jumat malam, dalam sebuah upacara yang berlangsung di Gedung Gradhika Bhakti Praja, Semarang. Pelantikan ini dipercepat dari jadwal semula yang direncanakan pada tanggal 23 Juli.

Wakil Ketua DPRD Kota Surakarta, Sugeng Riyanto, menyampaikan bahwa dengan pelantikan ini, sidang paripurna yang seharusnya diadakan dengan agenda pengesahan pemberhentian Wali Kota Surakarta dan pengumuman pengangkatan Wakil Wali Kota Surakarta sebagai Wali Kota Surakarta harus ditunda. 

“Dipending, bukan dibatalkan namun ditunda. SK pemberhentian sekaligus pengangkatan pak wakil jadi wali kota itu kan dari Kementerian Dalam Negeri, lalu dilewatkan gubernur atau provinsi. Provinsi menghendaki pelantikan dipercepat,” ujar Sugeng.

Pelantikan yang awalnya dijadwalkan pada pukul 15.00 WIB, akhirnya dipercepat menjadi pukul 19.00 WIB. Sugeng menambahkan bahwa sidang paripurna yang semula direncanakan akan dilangsungkan pekan depan, setelah pelantikan.

“Yang harus diparipurnakan saat pengunduran dirinya, yang kemarin. Paripurna berikutnya pembacaan SK dari Kementerian Dalam Negeri melalui provinsi tentang diterimanya pengunduran diri wali kota plus pengangkatan wakil menjadi plt atau sekaligus wali kota. Artinya sebenarnya sosialisasi atau pembacaan penerimaan pengunduran diri dan pengangkatan itu bisa setelah pelantikan atau sesudah,” jelas Sugeng.

Dengan pelantikan ini, Teguh Prakosa resmi menjabat sebagai Wali Kota Surakarta, menggantikan Gibran Rakabuming Raka. Gibran sendiri juga dijadwalkan hadir dalam acara pelantikan di Gedung Gradhika Bhakti Praja.

Upacara pelantikan berlangsung khidmat dengan dihadiri oleh sejumlah pejabat penting dari Jawa Tengah. Teguh Prakosa menyampaikan rasa terima kasihnya atas kepercayaan yang diberikan dan berkomitmen untuk melanjutkan program-program yang telah dirintis oleh pendahulunya.

Pelantikan ini menandai babak baru bagi pemerintahan Kota Surakarta di bawah kepemimpinan Teguh Prakosa. Masyarakat Surakarta menaruh harapan besar pada Teguh untuk terus membawa kota ini menuju kemajuan dan kesejahteraan. (NAUFAL/RAFI)

OASE

INFOGRAFIS

WARGANET

Trending