Connect with us

Nusantara

DPRD Jabar Dikepung Aksi ‘Darurat Indonesia’

Published

on

alt="Demo Darurat Indonesia di DPRDJabar"

AKTUALITAS.ID – Ribuan mahasiswa dan elemen masyarakat berkumpul di halaman Gedung DPRD Jawa Barat, Jalan Diponegoro, Kota Bandung, pada Kamis (22/8/2024). Aksi demonstrasi ini merupakan respons terhadap situasi menjelang pengesahan perubahan Undang-Undang (UU) Pilkada, khususnya mengenai ambang batas pencalonan pilkada dari jalur partai dan syarat usia kandidat yang sedang dibahas oleh DPR RI.

Meskipun rapat paripurna yang membahas isu tersebut ditunda, massa aksi tetap melanjutkan demonstrasi mereka di Bandung. Peserta aksi, yang berasal dari berbagai universitas di Kota Bandung serta elemen masyarakat lainnya, berkumpul di depan kantor DPRD Jawa Barat. Mereka membentuk lingkaran di tengah Jalan Diponegoro dan terus berdatangan satu per satu, disambut oleh demonstran yang sudah lebih dahulu berada di lokasi.

Koordinator aksi, Indra Sulistya, dalam orasinya menyampaikan bahwa kehadiran ribuan orang ini mewakili Front Rakyat Gugat Negara, yang terdiri dari berbagai kelompok masyarakat seperti pelajar, buruh, dan dosen. Mereka berkumpul untuk menyuarakan keresahan mereka terkait situasi menjelang pendaftaran calon kepala daerah.

Indra menyoroti berbagai masalah, seperti penggusuran dan perampasan ruang hidup di Bandung, serta ketidakpastian kerja yang mengancam para buruh. Dia menilai bahwa pemerintah saat ini seolah-olah menggunakan hukum untuk merampas hak warga negara dan melanggengkan pelanggaran hak asasi manusia.

Menurut Indra, kemiskinan struktural yang meluas adalah hasil dari kebijakan pemerintahan melalui undang-undang dan hukum yang ada. Dia menegaskan bahwa rezim saat ini terlihat semakin antidemokrasi dan melecehkan konstitusi.

“Tak ada kata lain, selain lawan!” tegasnya, menutup orasinya dengan pernyataan tegas.

OASE

INFOGRAFIS

WARGANET

Trending