Connect with us

Nusantara

BMKG: Waspadai Potensi Hujan Lebat dan Petir di Beberapa Wilayah

Published

on

Ilustrasi citra satelit prakiraan cuaca sejumlah kota besar di Indonesia berlaku untuk Rabu (18/9/2024) (Foto: BMKG)

AKTUALITAS.ID – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) telah merilis prakiraan cuaca untuk sejumlah kota besar di Indonesia pada Rabu (18/9/2024). Prakirawan BMKG, Andika F. Hapsari, menyampaikan bahwa cuaca di berbagai wilayah bervariasi, mulai dari berawan hingga hujan lebat disertai petir. 

Sumatra: Hujan Lebat di Medan, Potensi Petir di Pekanbaru

Di Pulau Sumatra, cuaca berawan diperkirakan akan terjadi di Palembang. Namun, kota-kota seperti Jambi, Bengkulu, Bandar Lampung, dan Pangkal Pinang akan mengalami cuaca berawan tebal. Di Banda Aceh, Padang, dan Tanjung Pinang, hujan ringan diprakirakan terjadi.

Medan perlu meningkatkan kewaspadaan karena hujan lebat diperkirakan mengguyur kota ini. Sementara itu, Pekanbaru diprediksi mengalami potensi hujan disertai petir, yang dapat mengganggu aktivitas warga.

Jawa: Yogyakarta Cerah Berawan, Kota-kota Besar Lainnya Berawan Tebal

Di Pulau Jawa, Yogyakarta akan menikmati cuaca cerah berawan, sementara Serang diprediksi berawan. Jakarta, Bandung, Semarang, dan Surabaya diprediksi mengalami cuaca berawan tebal, yang menandakan kemungkinan hari akan sedikit mendung.

Bali dan Nusa Tenggara: Mataram Cerah Berawan, Potensi Hujan Ringan di Denpasar dan Kupang

Di kawasan Bali dan Nusa Tenggara, kota Mataram diprakirakan cerah berawan. Namun, Denpasar dan Kupang diprediksi mengalami hujan ringan, sehingga penduduk di sana disarankan untuk mempersiapkan payung.

Kalimantan: Hujan Ringan di Tanjung Selor, Palangkaraya Cerah Berawan

Pulau Kalimantan juga menghadapi variasi cuaca. Tanjung Selor diprediksi akan mengalami hujan ringan, sementara Pontianak dan Samarinda akan berawan tebal. Palangkaraya diperkirakan cerah berawan, sedangkan Banjarmasin akan berawan sepanjang hari.

Sulawesi: Makassar Berawan, Udara Kabur di Palu

Di Sulawesi, Makassar diprakirakan berawan, sementara Kendari, Gorontalo, dan Manado akan mengalami cuaca berawan tebal. Kota Palu diprediksi menghadapi kondisi udara kabur, yang bisa berdampak pada kualitas udara di wilayah tersebut. Mamuju akan diguyur hujan ringan.

Indonesia Timur: Hujan Petir di Manokwari, Sorong dan Jayapura Hujan Ringan

Untuk wilayah Indonesia bagian Timur, kota Ambon diperkirakan berawan tebal. Beberapa kota lain seperti Sorong, Nabire, Jayapura, dan Jayawijaya akan mengalami hujan ringan. Di Ternate, hujan dengan intensitas sedang diperkirakan terjadi, sementara Manokwari akan diwarnai oleh hujan disertai petir. Kota Merauke juga harus mewaspadai potensi petir yang mungkin terjadi.

Dengan cuaca yang bervariasi di seluruh wilayah Indonesia, masyarakat diimbau untuk terus memperbarui informasi cuaca dan mempersiapkan diri menghadapi kondisi yang mungkin terjadi. Tetap waspada dan siapkan peralatan penunjang seperti payung dan jas hujan, terutama bagi wilayah yang diprediksi mengalami hujan dan petir. (YAN KUSUMA/RAFI)

OASE

INFOGRAFIS

WARGANET

Trending