Connect with us

Olahraga

PSSI Jamin Keamanan Bahrain, Laga Tetap Digelar di Jakarta

Published

on

Anggota Komite Eksekutif PSSI, Arya Sinulingga. (Dok: ist)

AKTUALITAS.ID – Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) menanggapi pernyataan Federasi Sepak Bola Bahrain (BFA) yang meminta agar laga leg kedua antara Indonesia dan Bahrain pada 25 Maret 2025 digelar di tempat netral. BFA mengajukan permintaan ini dengan alasan kekhawatiran terhadap keamanan usai hasil imbang 2-2 di leg pertama di Riffa, Bahrain, pada Kamis (10/10/2024).

Keputusan wasit Ahmed Al Kah dalam laga tersebut menjadi kontroversial setelah memperpanjang durasi injury time dari enam menit menjadi sembilan menit tanpa alasan jelas. Keputusan tersebut memungkinkan Bahrain menyamakan kedudukan pada menit 90+9, yang membuat Indonesia gagal mengamankan kemenangan.

Kecewa dengan hasil ini, warganet Indonesia meluapkan kemarahan mereka melalui media sosial, menyerang akun resmi BFA dan para pemainnya. Akibatnya, BFA merasa khawatir akan keamanan timnya saat tandang ke Indonesia dan mengajukan permohonan kepada AFC serta FIFA agar pertandingan dipindah ke tempat netral.

Menanggapi hal tersebut, Anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI, Arya Sinulingga, menegaskan bahwa Indonesia siap menjamin keamanan dan kenyamanan timnas Bahrain saat bertandang ke Jakarta.

“Kami akan membuat surat resmi kepada AFC yang menyatakan bahwa pertandingan tetap dilangsungkan di Jakarta untuk menjaga fair play, mengingat leg pertama sudah berlangsung di Bahrain. Kami juga akan memastikan keamanan dan kenyamanan tim Bahrain saat berada di Indonesia,” ujar Arya dalam keterangannya pada Rabu (16/10/2024).

Arya menekankan bahwa kekhawatiran Bahrain berlebihan, mengingat masyarakat Indonesia pada dasarnya ramah meskipun warganet Indonesia terkadang aktif dan vokal di media sosial. “Di media sosial memang kadang ramai, tapi pada dasarnya mereka ramah dan baik,” tambahnya.

Indonesia, lanjut Arya, juga telah membuktikan kemampuannya sebagai tuan rumah yang baik dengan sukses menyelenggarakan Piala Dunia U-17 2023 tanpa insiden keamanan. Ia optimistis laga pada 25 Maret 2025 di Stadion Gelora Bung Karno akan berlangsung dengan lancar.

Pertandingan ini akan menjadi matchday kedelapan Grup C pada putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia. Indonesia berharap bisa memetik kemenangan dan menjaga peluang lolos ke turnamen bergengsi tersebut. (YAN KUSUMA/RAFI)

OASE

INFOGRAFIS

WARGANET

Trending