Connect with us

OtoTek

Fenomena Misteri Suara ‘Gempa Langit’ Menggema di Seluruh Dunia

Published

on

Fenomena gempa langit yang mengeluarkan suara misterius kini semakin sering terjadi di berbagai negara di dunia. - (Google/-)

AKTUALITAS.ID – Fenomena misterius yang dikenal sebagai “gempa langit” kembali menarik perhatian dunia. Suara menggelegar dari langit terdengar di berbagai belahan dunia, termasuk Belgia, Jepang, hingga New York, Amerika Serikat. Bunyi misterius ini telah membuat banyak orang kebingungan dan ketakutan, mengira bahwa suara tersebut berasal dari tembakan senjata atau ledakan kendaraan.

Dilaporkan oleh Dailymail pada Senin (7/10/2024), fenomena ini sebenarnya sudah ada sejak lebih dari 200 tahun yang lalu, namun penyebab pastinya masih menjadi teka-teki besar bagi para ilmuwan. Bahkan hingga saat ini, meski telah banyak hipotesis diajukan, seperti ledakan meteor di atmosfer, latihan militer, hingga badai atau gempa bumi yang jauh, suara tersebut tetap tidak bisa diidentifikasi secara akurat.

Fenomena serupa telah dilaporkan sejak awal tahun 1800-an, dengan salah satu kejadian terdokumentasi terjadi di New Madrid, Missouri, Amerika Serikat pada tahun 1811. Saat itu, masyarakat mendengar suara “seperti tembakan artileri” yang mengiringi gempa bumi berkekuatan magnitudo 7.2. Fenomena serupa juga dilaporkan pada gempa bumi di Charleston, Carolina Selatan, pada Agustus 1886, dengan suara misterius yang terdengar selama beberapa minggu setelah gempa berkekuatan 7.3 melanda.

Meski suara-suara ini sering muncul bersamaan dengan gempa bumi, para ilmuwan percaya bahwa fenomena ini lebih berkaitan dengan atmosfer daripada aktivitas seismik. Menurut penelitian terbaru yang dipimpin oleh tim dari University of North Carolina, data dari jaringan seismik EarthScope Transportable Array (ESTA) mengisyaratkan bahwa suara-suara tersebut lebih mungkin berasal dari peristiwa atmosfer atau bahkan ledakan batuan luar angkasa yang memasuki atmosfer Bumi.

“Kami percaya bahwa fenomena ini menyebar melalui atmosfer, bukan melalui tanah,” kata Eli Bird, seorang peneliti yang terlibat dalam studi tersebut, kepada Live Science. Bird dan timnya juga berspekulasi bahwa suara misterius ini bisa jadi berasal dari gelombang besar yang menghantam pantai atau petir yang menggelegar di atas lautan, yang kemudian diperkuat oleh kondisi atmosfer tertentu.

Meski teori-teori ini terus berkembang, satu hal yang pasti: suara “gempa langit” ini tetap menjadi salah satu fenomena alam paling membingungkan dan menarik yang belum terpecahkan. Hingga saat ini, masyarakat di berbagai belahan dunia masih menanti jawaban pasti mengenai asal usul suara misterius yang menggetarkan langit tersebut. (NAUFAL/RAFI)

OASE

INFOGRAFIS

WARGANET

Trending