Connect with us

Berita

Selama Tahun 2020, Taiwan Sebut Jet China 380 Kali Terobos Wilayah

Taiwan menuturkan jet tempur China menerobos wilayahnya sebanyak 380 kali selama 2020. Jumlah itu merupakan rekor sejauh ini sejak Beijing dan Taipei terus bersitegang soal keinginan Taiwan merdeka. “Sebanyak 380 serangan ke Zona Pertahanan Udara (ADIZ) Taiwan pada 2020 lebih banyak daripada sebelumnya,” kata juru bicara Kementerian Pertahanan Taiwan, Shih Shun-wen, pada Selasa (5/1). “Ini […]

Published

on

Taiwan menuturkan jet tempur China menerobos wilayahnya sebanyak 380 kali selama 2020.

Jumlah itu merupakan rekor sejauh ini sejak Beijing dan Taipei terus bersitegang soal keinginan Taiwan merdeka.

“Sebanyak 380 serangan ke Zona Pertahanan Udara (ADIZ) Taiwan pada 2020 lebih banyak daripada sebelumnya,” kata juru bicara Kementerian Pertahanan Taiwan, Shih Shun-wen, pada Selasa (5/1).

“Ini menimbulkan ancaman bagi keamanan regional dan nasional kita,” paparnya menambahkan.

Taiwan menghadapi ancaman invasi terus-menerus dari China terutama di bawah kepemimpinan Presiden Tsai Ing-wen lantaran Taipei berkeras ingin merdeka dari Negeri Tirai Bambu.

Beijing menganggap Taiwan sebagai wilayah pembangkang karena ingin memisahkan diri. Pemerintahan Xi Jinping berulang kali menegaskan bahwa China akan mencegah Taiwan merdeka bahkan dengan cara militer.

Intervensi China terus meningkat dan mencapai puncak pada 2020 setelah Beijing terus mengerahkan puluhan jet, pesawat pengebom, dan pesawat pengintai memasuki ADIZ Taiwan.

Dikutip AFP, laporan Institut Riset Pertahanan dan Keamanan Nasional Taiwan yang berafiliasi dengan militer memperingatkan bahwa “ancaman angkatan bersenjata China tahun ini paling tinggi sejak krisis rudal di Selat Taiwan pada 1996.”

Pada tahun itu, China menembakkan rudal ke Selat Taiwan sebagai upaya menghalangi warga Taiwan untuk melakukan pemungutan suara pemilihan presiden pertama secara demokratis.

Salah satu penulis laporan tersebut, Jeremy Hung, mengatakan jet-jet China yang menerobos wilayah ADIZ Taiwan terbang dekat ke daratan wilayah itu selama 2020. Insiden itu setidaknya dilakukan pesawat militer China sebanyak 110 kali.

Sejumlah jet China juga sempat menerobos “garis tengah” Selat Taiwan dalam dua kunjungan pejabat tinggi AS ke Taiwan beberpa waktu lalu.

“Tindakan militer Beijing yang meningkat dimaksudkan sebagai peringatan kepada Taiwan agar tidak melewati garis merah di tengah relasi Taipei yang membaik dengan Amerika Serikat,” kata Hung.

OASE

INFOGRAFIS

WARGANET

Trending