Berita
Tahun 2021, Pembayaran Digital Bakal Jadi Tren e-Commerce
AKTUALITAS.ID – Pandemi COVID-19 yang masih berlangsung memberikan perubahan pada bisnis e-commerce, pembayaran digital dan logistik diperkirakan menjadi tren di sektor tersebut tahun ini. “Belanja online berkembang dari sekedar pengalaman transaksional menjadi pengalaman yang lebih sosial, dimana platform e-commerce mengintegrasikan lebih banyak elemen interaktif, seperti game dan live streaming untuk mengajak pengguna berpartisipasi,” kata Direktur […]

AKTUALITAS.ID – Pandemi COVID-19 yang masih berlangsung memberikan perubahan pada bisnis e-commerce, pembayaran digital dan logistik diperkirakan menjadi tren di sektor tersebut tahun ini.
“Belanja online berkembang dari sekedar pengalaman transaksional menjadi pengalaman yang lebih sosial, dimana platform e-commerce mengintegrasikan lebih banyak elemen interaktif, seperti game dan live streaming untuk mengajak pengguna berpartisipasi,” kata Direktur Shopee Indonesia Handhika Jahja, dalam keterangan persnya.
Dia memprediksi ada tiga tren utama untuk e-commerce di Indonesia, yang pertama berkaitan dengan pembayaran digital yang semakin meningkat tahun ini.
Masyarakat semakin terbiasa dengan keberadaan e-commerce sehingga pembayaran digital menjadi cara bertransaksi favorit. ShopeePay, dompet digital mereka, meningkat empat kali lipat untuk jumlah total transaksi di seluruh negara tempat Shopee beroperasi, termasuk Indonesia.
Menurut Handhika, peningkatan terbesar berasal dari pengguna di atas 50 tahun. Mereka juga mencatat kenaikan sembilan kali lipat untuk pedagang luar jaringan yang mengadopsi dompet digital milik mereka.
Kebiasaan berbelanja online berkaitan erat sektor logistik, yang akan menjadi semakin penting untuk pengiriman yang efisien. Catatan Shopee, ada peningkatan di atas 4,5 kali lipat untuk pengiriman produk makanan dan kesehatan dari gudang mereka.
Prediksi terakhir, mitra merk maupun penjual diperkirakan akan memakai strategi ritel yang inovatif untuk menjangkau pelanggan di masa pandemi ini.
Berjualan online bisa menjasi sumber pendapatan yang besar bagi penjual sehingga perlu e-commerce pun perlu beradaptasi berkolaborasi untuk strategi yang inovatif ini.
Shopee mencontohkan salah satu kolaborasi mereka untuk merk kecantikan yaitu pengalaman berbelanja online menggunakan kecerdasan buatan untuk analisis perawatan kulit yang cocok untuk konsumen.
-
MULTIMEDIA14/03/2025
FOTO: Kapolri Pimpin Sertijab Pejabat Polri, Tunjuk Irjen Herry Heryawan Jadi Kapolda Riau
-
JABODETABEK14/03/2025
Cepat Tanggap! Polisi Amankan Duo Jambret yang Bikin Resah Warga Bogor
-
EKBIS14/03/2025
Mentan Masih Temukan Kecurangan Takaran Minyakita oleh 7 Perusahaan di Surabaya
-
NASIONAL14/03/2025
KPK Telusuri Jejak Korupsi Bank BJB: Ridwan Kamil Bakal Diperiksa
-
EKBIS14/03/2025
Serapan Gabah Bulog Tertinggi Selama 5 Tahun dan Siap Hadapi Panen Raya 2025
-
RAGAM14/03/2025
BCL Tersentuh Saat Isi Suara Film Animasi “Jumbo”: Pesannya Begitu Mendalam
-
JABODETABEK14/03/2025
Jakarta Bebas Banjir? Normalisasi Ciliwung Targetkan Pengurangan Risiko Banjir 40 Persen
-
RAGAM14/03/2025
Sadie Sink Gabung Marvel, Siap Beraksi di “Spider-Man 4”!