Connect with us

Berita

Pemkot Cirebon Imbau Masyarakat Bijak Menyaring Informasi Kasus Pembunuhan Vina

Published

on

AKTUALITAS.ID – Pemerintah Kota (Pemkot) Cirebon mengimbau masyarakat untuk lebih bijak dalam menyaring informasi terkait kasus pembunuhan Vina yang beredar di media sosial. Menurut Penjabat Wali Kota Cirebon, Agus Mulyadi, banyak informasi yang tersebar belum jelas kebenarannya dan dapat masuk kategori hoaks.

“Banyak asumsi liar dan cocokologi yang kita belum tahu validitasnya atau dari mana sumbernya,” ujar Agus Mulyadi di Cirebon, Selasa (21/5/2024).

Agus menekankan bahwa peredaran informasi terkait kasus ini masih simpang siur dan berpotensi menimbulkan fitnah yang merugikan banyak pihak. Banyak pengguna media sosial yang berasumsi atau menyebarkan informasi keliru terkait identitas tiga buronan pembunuh Vina dan teman lelakinya, Rizky atau Eky.

“Saat ini, Polda Jabar dengan bantuan Bareskrim Polri sedang mengusut kasus tersebut secara mendalam dan memburu tiga pelaku yang sudah masuk daftar pencarian orang (DPO),” tambahnya.

Agus meminta masyarakat untuk mempercayakan penanganan kasus ini kepada kepolisian, sehingga para pelaku yang masih buron dapat segera ditangkap. Ia juga mengajak masyarakat untuk tidak menyebarkan informasi yang belum bisa dipastikan kebenarannya.

“Jangan asal share sesuatu yang kita tidak yakini bahwa itu benar. Nantinya kita menjadi bagian dari penyebar hoaks itu. Kita percayakan karena ini menjadi bagian dari komitmen pemerintah dan kepolisian, karena proses penanganannya sedang berjalan,” tegas Agus.

Sementara itu, Kepala Polres Cirebon Kota AKBP Muhammad Rano Hadiyanto memastikan bahwa penanganan kasus pembunuhan yang terjadi pada Agustus 2016 ini masih berlanjut. Polres Cirebon Kota berkomitmen untuk membantu Polda Jabar dalam mengusut kasus tersebut.

“Tentunya merupakan suatu proses tindak lanjut. Saat ini sedang ditangani Polda Jabar dan diasistensi Bareskrim Polri. Kami juga ikut melakukan pendampingan, nanti dari Polda Jabar yang akan merilis informasi terbarunya,” ujar AKBP Rano.

Dengan demikian, masyarakat diharapkan untuk tetap tenang dan bijak dalam menerima dan menyebarkan informasi, serta mempercayakan sepenuhnya penanganan kasus ini kepada pihak berwenang. (YAN KUSUMA/RAFI)

OASE

INFOGRAFIS

WARGANET

Trending