Lonjakan Signifikan Pemudik Bermotor di Jalur Pantura pada H-4 Lebaran


Ilustrasi. Pemudik menggunakan roda dua di malam hari. (dok: ist)

AKTUALITAS.ID – Dalam empat hari jelang Hari Raya Idul Fitri, jumlah pemudik yang menggunakan motor mengalami lonjakan signifikan. Pada Sabtu (6/4/2024) dini hari, posko pengamanan Cirebon mencatat adanya pergerakan hingga lebih dari 80 ribu motor pemudik yang melintas menuju Semarang, Jawa Tengah.

“Mayoritas pemudik yang bermotor datang dari arah Jakarta, melintas via Cirebon tujuan Jawa Tengah mulai dari Semarang, Tegal, Pemalang, dan kota lainnya,” kata Kepala Posko Pengamanan Kanggraksan Polres Cirebon Kota AKP Joni Rahmat.

Jumlah tersebut meningkat lebih dari 40 persen dibandingkan dengan H-5 Lebaran, yang sebanyak 39 ribu unit kendaraan bermotor yang melintas di kota itu.

Menurut AKP Joni Rahmat, jumlah pemudik bermotor yang melintasi Jalur Pantura Cirebon dapat terus meningkat setidaknya sampai dengan H-2 Lebaran atau Senin (9/4).

Meski terjadi peningkatan volume kendaraan, petugas kepolisian memastikan arus lalu lintas Jalur Pantura Cirebon dalam kondisi ramai lancar tanpa ada hambatan berarti.

“Kami sudah melakukan sejumlah upaya pengaturan, di antaranya adalah pembatasan aktivitas truk bersumbu tiga dan penyekatan jalan putar balik. Sudah diperhitungkan sebelumnya dan dapat dibuktikan pada hari ini setelah dilakukan upaya pembatasan dan penyekatan arus lalu lintas ramai tapi lancar,” jelasnya.

Pihak kepolisian memperkirakan volume pemudik bermotor di Jalur Pantura Cirebon-Semarang akan mulai melandai pada H-1 Lebaran atau Selasa (9/4) pagi karena sebagian sudah tiba di kota tujuan masing-masing.

Salah seorang pemudik bermotor, Sonny (39), asal Indramayu tujuan Pemalang, menyatakan bahwa perjalanannya berlangsung dengan aman dan lancar.

“Kondisi tahun ini jauh lebih baik dibandingkan perjalanan mudik tahun lalu,” katanya.

Dengan adanya upaya pengamanan dan penyekatan yang dilakukan, diharapkan pemudik dapat melanjutkan perjalanan mereka dengan aman dan nyaman menuju kota tujuan untuk merayakan Hari Raya Idul Fitri bersama keluarga. (YAN KUSUMA/RAFI)

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>