Connect with us

Berita

Deddy Mizwar Berikan Motivasi kepada Penggiat Perfilman di Kabupaten Siak

Published

on

AKTUALITAS.ID – Aktor kawakan Deddy Mizwar memberikan motivasi kepada para penggiat perfilman dan masyarakat Kabupaten Siak dalam acara “Jemput Ngopi Bang Deddy Mizwar” yang diselenggarakan oleh Dewan Kesenian Siak di Taman Syarifah Aminah Siak pada Kamis lalu. Dalam kesempatan tersebut, Deddy menekankan pentingnya ide dan gagasan dalam pembuatan film.

“Setiap orang bisa bikin film, bukan teknis yang bikin bagus tapi apa konten yang ingin disampaikan. Dengan tiga atau empat orang dalam komunitas bisa buat film, tapi film harus dimulai dari sebuah gagasan,” ujar Deddy Mizwar.

Deddy menjelaskan bahwa di era industri kebudayaan saat ini, pasar perfilman sangat besar dan Indonesia masih memiliki banyak komunitas, suku bangsa, dan budaya yang belum tereksplorasi. Oleh karena itu, penting untuk memanfaatkan peluang di era digital saat ini untuk menghasilkan karya-karya film yang berkualitas dan beragam.

Ia juga menegaskan bahwa penetrasi film sangat kuat mempengaruhi manusia. Sebagai wilayah yang kaya akan budaya Melayu, Siak memiliki peluang besar untuk mengenalkan kekayaan budayanya kepada dunia melalui film.

“Jadi yang bisa membuat film tentang Melayu ya orang Melayu. Berbagai tema akan hadir dan bisa terus berlanjut,” tambah Deddy.

Selain itu, Deddy Mizwar juga menyoroti peran pemerintah daerah dalam mendukung sarana dan prasarana perfilman sesuai dengan yang diatur dalam Undang-Undang Perfilman tahun 2009. Namun, ia menekankan bahwa dukungan ini harus diiringi dengan keberadaan dan inisiatif dari para pelaku film sendiri.

Menyinggung tentang kemudahan teknis pembuatan film saat ini, Deddy menceritakan bahwa film pendek terbaik dalam Festival Film Indonesia tahun 2012 atau 2013 dibuat oleh anak SMP hanya dengan menggunakan telepon seluler. Hal ini menunjukkan bahwa dengan ide yang kuat, keterbatasan teknis bukan lagi penghalang untuk berkarya.

Dalam acara yang sama, Wakil Bupati Siak, Husni Merza, menyatakan komitmen pemerintah Kabupaten Siak untuk mendukung perkembangan perfilman di daerahnya. Menurut Husni, perfilman memiliki potensi untuk memberikan efek ganda bagi daerah, seperti peningkatan pariwisata dan investasi.

“Seperti di Bangka Belitung sekarang setelah adanya Laskar Pelangi pariwisatanya berkali-kali lipat meningkat. Sudah banyak hotel-hotel ternama di sana,” kata Husni.

Acara “Jemput Ngopi Bang Deddy Mizwar” ini diharapkan dapat membangkitkan semangat dan kreativitas para penggiat perfilman di Kabupaten Siak untuk terus berkarya dan memanfaatkan peluang di era digital, serta mengenalkan kekayaan budaya lokal ke kancah nasional maupun internasional. (NOUFAL/RAFI)

Continue Reading

OASE

INFOGRAFIS

WARGANET

Trending