Connect with us

Berita

DK PBB Akan Putuskan Proposal Gencatan Senjata Tiga Tahap di Gaza

Published

on

AKTUALITAS.ID – Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) dijadwalkan untuk melakukan pemungutan suara terkait proposal gencatan senjata tiga tahap di Gaza yang diusulkan oleh Presiden Amerika Serikat Joe Biden. 

Juru Bicara Misi Amerika Serikat untuk PBB, Nate Evans, mengumumkan bahwa proposal tersebut telah diterima oleh Israel dan kini menunggu respons dari Hamas.

“Israel telah menerima usulan ini dan Dewan Keamanan mempunyai kesempatan untuk berbicara dengan satu suara dan menyerukan Hamas untuk melakukan hal yang sama,” kata Evans, sebagaimana dilaporkan oleh Anadolu, Senin. 

Proposal ini mencakup pelaksanaan gencatan senjata segera, pembebasan sandera, penarikan pasukan Israel dari daerah berpenduduk, peningkatan bantuan kemanusiaan, dan pemulihan layanan dasar.

Menurut Evans, proposal ini akan memungkinkan warga sipil Palestina kembali ke Gaza utara dan menciptakan peta jalan untuk mengakhiri krisis ini serta merencanakan rekonstruksi multi-tahun yang didukung oleh komunitas internasional.

Sumber-sumber dari PBB mengindikasikan bahwa pemungutan suara dapat dimasukkan ke dalam agenda Dewan Keamanan pada awal pekan ini. Pemungutan suara ini diharapkan dapat mengakhiri konflik yang telah menewaskan lebih dari 37.000 warga Palestina dan melukai hampir 84.500 lainnya, sebagian besar korban adalah wanita dan anak-anak.

Sejak serangan kelompok Palestina Hamas pada 7 Oktober, Israel terus melanjutkan serangan militer di Gaza, meskipun ada resolusi Dewan Keamanan PBB yang menuntut gencatan senjata segera. Serangan ini telah menghancurkan sebagian besar wilayah Gaza dan menciptakan kelangkaan makanan, air bersih, serta obat-obatan.

Israel kini dihadapkan pada tuduhan genosida di Mahkamah Internasional. Keputusan terbaru dari pengadilan tersebut memerintahkan Tel Aviv untuk segera menghentikan operasi militernya di kota Rafah, tempat lebih dari satu juta warga Palestina mencari perlindungan dari perang sebelum diserbu pada 6 Mei.

Dewan Keamanan PBB diharapkan dapat mencapai konsensus dalam pemungutan suara ini untuk mengakhiri konflik yang telah membawa penderitaan besar bagi warga sipil di Gaza. Sementara itu, komunitas internasional terus memantau perkembangan ini dengan harapan tercapainya perdamaian dan stabilitas di wilayah tersebut. (YAN KUSUMA/RAFI)

OASE

INFOGRAFIS

WARGANET

Trending