Connect with us

EkBis

Antam Catatkan Kinerja Positif di Tengah Kenaikan Harga Emas

Published

on

AKTUALITAS.ID – PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) atau Antam diperkirakan akan terus menunjukkan kinerja yang mengesankan seiring dengan pergerakan harga emas yang terus naik. Associate Director of Research and Investment Pilarmas Investindo Sekuritas, Maximilianus Nico Demus, menegaskan bahwa tren kenaikan harga emas berpotensi mendorong kinerja perusahaan ke arah yang lebih baik.

“Tentu ada dampak positif pada kinerja Antam, meskipun seberapa besar belum dapat dipastikan. Namun, saya yakin kinerjanya akan lebih baik dibandingkan semester pertama 2024,” jelas Nico, Rabu (18/9/2024).

Nico juga merekomendasikan saham Antam, yang diperkirakan akan mengalami peningkatan di masa mendatang. Namun, ia tetap mengingatkan para investor untuk terus memantau pergerakan harga emas dan kondisi ekonomi makro serta mikro. Menurutnya, penurunan suku bunga global akan berpotensi meningkatkan harga emas lebih lanjut.

Selama pekan lalu, harga emas dunia mencetak rekor baru dua kali, didorong oleh prospek penurunan suku bunga bank sentral AS serta data tenaga kerja yang stabil. Inflasi yang melandai juga turut memperkuat tren positif ini.

Dari sisi perusahaan, Antam berhasil memaksimalkan kinerja produksi dan penjualan pada semester I-2024, khususnya untuk komoditas emas. Corporate Secretary Division Head Antam, Syarif Faisal Alkadrie, menyebutkan penjualan emas Antam mencapai 15,97 ton pada semester I-2024, meningkat 18,21 persen dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya.

Dengan tren permintaan pasar yang kuat dalam tiga bulan terakhir, Antam optimis bisa mencapai target penjualan emas sebesar 37 ton pada tahun 2024. “Kami yakin dapat mencatatkan kinerja yang positif hingga akhir tahun ini,” ujar Syarif.

Antam melaporkan penjualan bersih sebesar Rp23,19 triliun pada semester I-2024, meningkat 7 persen dibandingkan tahun sebelumnya. Penjualan domestik mendominasi dengan kontribusi sebesar 91 persen atau Rp21,12 triliun. Pada periode yang sama, laba bersih tercatat mencapai Rp1,51 triliun, sementara EBITDA perusahaan mencapai Rp2,42 triliun.

Dari sisi pasar modal, saham ANTM menunjukkan performa positif dengan rata-rata volume perdagangan harian mencapai 54,19 juta saham. Antam juga mencatat kapitalisasi pasar sebesar Rp30,04 triliun pada akhir Juni 2024.

Dengan kondisi yang semakin menguntungkan ini, Antam berada di jalur yang tepat untuk terus mencetak kinerja cemerlang, didukung oleh permintaan yang kuat dan harga emas yang terus menguat. (YAN KUSUMA/RAFI)

OASE

INFOGRAFIS

WARGANET

Trending