Connect with us

Jabodetabek

Jadwal dan Lokasi SIM Keliling di Jakarta pada Hari Ini

Published

on

ILUSTRASI. Perpanjang SIM Keliling di Jakarta. (ist)

AKTUALITAS.ID – Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Metro Jaya akan membuka layanan Surat Izin Mengemudi (SIM) Keliling pada hari Selasa, 30 Juli 2024. Layanan ini akan tersedia di lima lokasi berbeda di Jakarta dari pukul 08.00 hingga 14.00 WIB. Informasi ini telah disampaikan melalui akun X resmi @tmcppoldametro.

Berikut lima lokasi SIM Keliling di Jakarta yang dapat diakses oleh masyarakat:

1. Mall Grand Cakung, Jakarta Timur;

2. LTC Glodok, Jakarta Utara;

3. Kampus Trilogi Kalibata, Jakarta Selatan;

4. Mall Citraland, Jakarta Barat;

5. Kantor Pos Lapangan Banteng, Jakarta Pusat.

Untuk mengakses layanan ini, pemohon diharuskan membawa SIM yang akan diperpanjang dan KTP beserta fotokopinya. Di lokasi gerai, pemohon akan diminta mengisi formulir serta mengikuti tes kesehatan dan tes psikologi. Layanan ini hanya melayani perpanjangan SIM A dan SIM C yang masih berlaku.

Bagi pemegang SIM yang masa berlakunya telah habis, mereka wajib mengajukan permohonan SIM baru di Satpas SIM Daan Mogot, Jakarta Barat.

Biaya perpanjangan SIM A adalah Rp80.000 dan untuk SIM C adalah Rp75.000 sesuai dengan PP Nomor 76 Tahun 2020 tentang Jenis dan Tarif Atas Jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) yang berlaku untuk Polri. Selain itu, pemohon juga perlu membayar biaya tambahan untuk tes psikologi sebesar Rp37.500 dan biaya asuransi sebesar Rp50.000.

Perlu diketahui bahwa jenis SIM B tidak bisa diperpanjang di layanan SIM keliling dan harus dilakukan di kantor Satuan Penyelenggara Administrasi SIM (Satpas) karena adanya perbedaan peruntukan dokumen. SIM B diperuntukkan bagi kendaraan yang memiliki berat lebih dari 3,5 ton.

Dengan adanya layanan SIM Keliling ini, diharapkan masyarakat dapat lebih mudah dalam memperpanjang masa berlaku SIM mereka tanpa harus mendatangi kantor Satpas yang mungkin jaraknya lebih jauh. (YAN KUSUMA/RAFI)

Trending

Exit mobile version