Connect with us

Nasional

Wasekjen Tuding PKB Dalangi Unjuk Rasa di Kantor PBNU

Published

on

Aliansi Santri Gus Dur Menggugat saat berunjuk rasa di jalan raya depan Kantor PBNU, Jakarta, Jumat (2/8/2024). (Dok: ist)

AKTUALITAS.ID – Wakil Sekretaris Jenderal Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), Suleman Tanjung, mengungkapkan dugaan kuat bahwa unjuk rasa yang dilakukan oleh belasan orang di kantor PBNU pada Jumat (2/8/2024) didalangi oleh Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). 

“Kami memiliki banyak bukti. Mereka memang digerakkan untuk menyerang PBNU,” ujar Suleman Tanjung saat ditemui wartawan pada Minggu (4/8/2024).

Suleman menjelaskan bahwa bukti pertama yang mereka miliki adalah kehadiran sekelompok massa yang datang dari arah Jalan Raden Saleh, yang kebetulan adalah lokasi kantor DPP PKB. Selain itu, beberapa massa diketahui datang menggunakan bus yang dipimpin oleh Muhamad Solihin, yang hasil penelusuran PBNU menunjukkan bahwa Solihin merupakan pengurus DPW PKB Jawa Barat dan mantan ketua DPC PKB Kabupaten Indramayu.

“PCNU Indramayu juga telah mengonfirmasi bahwa massa ini digerakkan oleh beberapa anggota PKB dari Indramayu,” tambah Suleman.

Pada Jumat (2/8/2024), belasan orang yang mengatasnamakan “Aliansi Santri Gus Dur” mengadakan unjuk rasa di gedung PBNU. Dalam orasi mereka, kelompok ini mengecam PBNU dan menyatakan dukungan terhadap PKB. Mereka juga mendesak agar pengurus inti PBNU diganti, dengan alasan PBNU dianggap berencana mengambil alih PKB.

“Mereka ini aneh. Mengatasnamakan Santri Gus Dur tetapi malah membela Muhaimin. Tidak masuk akal jika pecinta Gus Dur justru membela musuh Gus Dur,” kata Suleman.

Hingga saat ini, belum ada tanggapan resmi dari PKB terkait tudingan ini. PBNU menyatakan akan terus mengumpulkan bukti dan mengkaji langkah-langkah hukum yang bisa diambil terkait aksi unjuk rasa tersebut. (YAN KUSUMA/RAFI)

OASE

INFOGRAFIS

WARGANET

Trending