Connect with us

Nasional

10 Tahun Jokowi: Siapa yang Puas dan Tidak Puas, Apa Sebabnya?

Published

on

AKTUALITAS.ID – Sepuluh tahun kepemimpinan Presiden Joko Widodo (Jokowi) diwarnai dengan tingkat kepuasan publik yang mencapai 80,8%, menurut survei LSI Denny JA. Namun, 18,5% dari responden menyatakan ketidakpuasan terhadap kinerjanya. Angka-angka ini bukan sekadar statistik, melainkan cerminan dari berbagai aspirasi, harapan, dan kekecewaan di berbagai segmen masyarakat.

Masyarakat yang puas dengan kepemimpinan Jokowi mayoritas berasal dari kalangan berpenghasilan rendah, berpendidikan menengah ke bawah, dan pemilih dari wilayah non-Muslim. Dukungan juga banyak datang dari generasi muda dan mereka yang mendukung pasangan capres 2024 Prabowo-Gibran dan Ganjar-Mahfud.

Sebaliknya, ketidakpuasan paling banyak muncul dari kalangan yang menilai ekonomi nasional masih buruk, hukum belum ditegakkan secara maksimal, serta mereka yang menganggap penanganan kemiskinan dan kesejahteraan sosial masih belum memadai. Terutama, pemilih Anies-Muhaimin menjadi kelompok yang paling kritis terhadap Jokowi.

Terlepas dari kritik yang ada, tingkat kepuasan Jokowi di akhir masa jabatannya tetap lebih tinggi dibandingkan banyak pemimpin dunia lainnya, seperti Narendra Modi dari India. Warisan Jokowi mencerminkan keberhasilan di bidang ekonomi dan infrastruktur, meski juga meninggalkan tantangan di bidang sosial dan demokrasi yang belum terselesaikan. (Enal Kaisar)

OASE

INFOGRAFIS

WARGANET

Trending