Connect with us

Nusantara

Menparekraf Lantik Pengurus GEKRAFS Papua Pegunungan saat Festival Lembah Baliem ke-32

Published

on

alt="sandiaga uno hadiri festival lembah baliem"

AKTUALITAS.ID – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI (Menparekraf) Sandiaga Uno meresmikan Festival Lembah Baliem ke-32 di Jayawijaya, Wamena, Provinsi Papua Pegunungan. Festival ini menjadi istimewa karena untuk kali pertama dihadiri oleh Menparekraf Sandiaga uno.

“Tahun ini berlangsung dengan semangat luar biasa, baru saja mencatat sejarah baru sebagai salah satu dari Top 10 Kharisma Event Nasional (KEN). Tahun ini, acara yang penuh warna dan budaya ini juga menjadi momen istimewa,” ungkap Sandiaga dalam keterangan pers yang diterima Aktualitas.id, Senin (12/8/2024).

Selain meresmikan Festival Lembah Baliem ke-32, mantan calon wapres Prabowo itu juga melantik Dewan Pengurus Wilayah Gerakan Ekonomi Kreatif (GEKRAFS) Provinsi Papua Pegunungan. Serta memberikan arahan penting kepada pengurus GEKRAFS yang baru dilantik, termasuk Yoyo Iwik Sriyoto sebagai Ketua DPW Provinsi Papua Pegunungan.

“Para Pengurus DPW GEKRAFS diharapkan dapat segera membentuk Dewan Pengurus Cabang GEKRAFS di 8 Kabupaten Provinsi Papua Pegunungan serta mendirikan GEKRAFS Kampus di seluruh perguruan tinggi agar ekonomi kreatif semakin berkembang di daerah ini,” tegasnya.

Dirinya juga berharap dengan adanya GEKRAFS dapat meningkatkan ekonomi masyarakat khususnya dibidang kreatif.

“Pelantikan ini diharapkan dapat memberikan dorongan baru bagi pengembangan ekonomi kreatif di Papua Pegunungan dengan melibatkan banyak talenta lokal yang berkompeten,”pungkasnya.

Sebagai informasi, GEKRAFS Provinsi Papua Pegunungan sebuah organisasi nasional yang didirikan oleh Sandiaga Uno sebagai Ketua Dewan Pembinanya, merupakan wadah bagi 17 subsektor ekonomi kreatif.

Festival Lembah Baliem ke-32 dan pelantikan GEKRAFS Provinsi Papua Pegunungan menandakan langkah besar dalam memajukan potensi budaya dan ekonomi kreatif di Papua Pegunungan. Dengan dukungan yang kuat dari pemerintah dan masyarakat, diharapkan daerah ini akan semakin bersinar di peta ekonomi kreatif nasional.

Festival ini menampilkan ragam adat dan budaya dari lima suku besar di Lembah Baliem. Termasuk atraksi perang suku, tari-tarian, dan kerajinan tangan tradisional. Dalam penyelenggaraannya, Festival Budaya Lembah Baliem telah menarik lebih dari 15 ribu pengunjung dan diharapkan terus meningkat, melebihi 50 ribu pengunjung pada tahun sebelumnya.

Acara pelantikan juga dihadiri oleh sejumlah pejabat penting, termasuk Gubernur Velix V Wanggai, Bupati Jayawijaya Tony Mayor, Sekda Provinsi Wasuok D Siep, Kadis Parekraf Provinsi Marthen Medlama, serta berbagai pejabat OPD dari provinsi dan kabupaten Jayawijaya. Penyerahan Surat Keputusan dan bendera Pataka GEKRAFS Provinsi Papua Pegunungan menjadi momen bersejarah yang menandai awal perjalanan baru dalam pengembangan ekonomi kreatif di kawasan ini.

OASE

INFOGRAFIS

WARGANET

Trending