Connect with us

Nusantara

Gempa Bumi Guncang Jawa Barat, Tidak Berpotensi Tsunami

Published

on

AKTUALITAS.ID – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengonfirmasi terjadinya gempa bumi dengan magnitudo 5,2 yang mengguncang sejumlah daerah di Jawa Barat pada Kamis dini hari, pukul 00.55 WIB. Gempa ini terjadi akibat adanya aktivitas penyesaran di lempeng Eurasia atau yang dikenal sebagai intraplate earthquake.

Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG, Daryono, menjelaskan bahwa gempa tersebut merupakan gempa dangkal dengan kedalaman 25 kilometer, yang episentrumnya berada di laut, sekitar 95 kilometer barat daya Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Titik koordinat gempa terletak pada 7,70° LS dan 106,08° BT.

“Dari hasil analisis, gempa ini memiliki mekanisme pergerakan geser,” ungkap Daryono di Jakarta, Kamis pagi.

Gempa tersebut dirasakan cukup kuat di beberapa wilayah, termasuk Kabupaten Cianjur, Sukabumi, dan Kabupaten Bandung dengan skala intensitas III MMI, serta Kota Bogor dan Garut dengan skala intensitas II MMI.

Tak lama setelah gempa utama, BMKG mendeteksi gempa susulan dengan magnitudo 3,5 pada pukul 01.30 WIB. Meski begitu, hingga saat ini belum ada laporan mengenai kerusakan yang signifikan akibat gempa tersebut.

BMKG juga menegaskan bahwa gempa tersebut tidak berpotensi menimbulkan tsunami. “Berdasarkan hasil analisis pemodelan, gempa ini tidak menimbulkan ancaman tsunami,” tambah Daryono.

Masyarakat diimbau untuk tetap tenang dan mengikuti perkembangan informasi dari BMKG serta pihak berwenang terkait. (NAUFAL/RAFI)

OASE

INFOGRAFIS

WARGANET

Trending