OTOTEK
Pakar Otomotif Ingatkan Pentingnya Urutan Tepat Saat Memarkir Mobil Matik

AKTUALITAS.ID – Yannes Martinus Pasaribu, seorang pakar otomotif dari Institut Teknologi Bandung (ITB), mengingatkan pentingnya pemahaman yang benar terkait urutan parkir mobil dengan transmisi otomatis atau matik. Menurutnya, prosedur yang tepat dalam memarkirkan mobil tidak hanya membantu menjaga keamanan, tetapi juga dapat mencegah kerusakan komponen dan memperpanjang umur transmisi.
“Urutan yang benar sangat penting untuk mencegah kerusakan pada komponen transmisi, memberikan keamanan tambahan, serta meningkatkan kenyamanan dalam mengoperasikan kendaraan,” ujar Yannes, Kamis (19/9/2024).
Banyak pengemudi yang masih memiliki pemahaman berbeda mengenai urutan yang tepat saat memarkirkan mobil matik. Beberapa pengemudi mengira langkah yang benar adalah langsung menggeser tuas transmisi ke posisi “P” (Parkir) sebelum menarik rem tangan, sementara sebagian lainnya melakukan sebaliknya. Bahkan, ada yang menganggap rem tangan tidak selalu diperlukan, terutama pada kondisi tertentu.
Namun, Yannes meluruskan anggapan tersebut. Ia menjelaskan, memarkir mobil matik dengan benar dimulai dari langkah sederhana, namun krusial: pertama, injak pedal rem hingga mobil berhenti total.
Setelah kendaraan berhenti sepenuhnya, langkah berikutnya adalah menarik rem tangan untuk memastikan mobil tetap diam, terutama jika permukaan landasan tidak rata.
“Selanjutnya, pindahkan tuas transmisi ke posisi N (Netral) agar mesin bisa idle tanpa membebani transmisi,” jelas Yannes.
Setelah memastikan kendaraan tidak bergerak dan rem tangan berfungsi dengan baik, barulah tuas transmisi bisa dipindahkan ke posisi “P” untuk mengaktifkan mekanisme penguncian pada transmisi. Proses ini ditutup dengan mematikan mesin mobil.
Menarik rem tangan saat tuas transmisi masih berada di posisi D (Drive) atau R (Reverse) juga dapat menimbulkan tekanan berlebih pada mesin dan transmisi, sehingga berisiko merusak komponen dalam jangka panjang.
“Jika kebiasaan ini terus dilakukan, potensi keausan komponen dan kerusakan transmisi akan semakin besar, karena mesin dan roda masih saling terhubung,” tambahnya.
Oleh karena itu, Yannes menekankan agar selalu memindahkan transmisi ke posisi N sebelum menarik rem tangan untuk menjaga kondisi mesin dan transmisi tetap optimal.
Dengan pemahaman yang tepat dan kebiasaan yang baik, pengemudi dapat memastikan kendaraan matik mereka tetap dalam kondisi prima dan terhindar dari kerusakan yang tidak perlu. (YAN KUSUMA/RAFI)
-
MULTIMEDIA14/03/2025
FOTO: Kapolri Pimpin Sertijab Pejabat Polri, Tunjuk Irjen Herry Heryawan Jadi Kapolda Riau
-
EKBIS14/03/2025
Serapan Gabah Bulog Tertinggi Selama 5 Tahun dan Siap Hadapi Panen Raya 2025
-
EKBIS14/03/2025
Mentan Masih Temukan Kecurangan Takaran Minyakita oleh 7 Perusahaan di Surabaya
-
RAGAM14/03/2025
BCL Tersentuh Saat Isi Suara Film Animasi “Jumbo”: Pesannya Begitu Mendalam
-
NASIONAL14/03/2025
Presiden Prabowo Setujui Pembukaan Kembali Pengiriman Pekerja Migran ke Arab Saudi
-
RAGAM14/03/2025
Sadie Sink Gabung Marvel, Siap Beraksi di “Spider-Man 4”!
-
OLAHRAGA14/03/2025
Bucks Bangkit! Antetokounmpo Gemilang, Hancurkan Lakers 126-106
-
OLAHRAGA14/03/2025
Madura United Melaju ke Semifinal AFC Challenge League Usai Bungkam Tainan City