Connect with us

POLITIK

Ridwan Kamil Unggul dalam Survei Elektabilitas Cagub Jabar 2024

Published

on

alt="ridwan kamil saat seminar"

AKTUALITAS.ID – Mantan Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, menunjukkan elektabilitas yang tak tertandingi dalam survei terbaru yang dilakukan oleh Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) pada periode 9 Juni hingga 1 Juli 2024. Survei ini mengungkapkan Ridwan Kamil memiliki peluang besar untuk kembali memenangkan Pilkada Jawa Barat jika pemilihan diadakan sekarang.

Dalam simulasi semi terbuka yang melibatkan banyak nama calon, Ridwan Kamil berhasil meraih 50,6 persen suara. Ia diikuti oleh Dedi Mulyadi dengan 25,1 persen, sementara calon-calon lainnya berada di posisi yang lebih rendah: Deddy Mizwar dengan 3,7 persen, Dede Yusuf Macan Effendi 2,7 persen, Bima Arya 2,2 persen, dan Desy Ratnasari 2,1 persen. Nama-nama lainnya masing-masing memperoleh kurang dari 2 persen, dan sebanyak 4,1 persen responden belum memutuskan atau tidak menjawab.

Direktur Eksekutif SMRC, Deni Irvani, menyatakan bahwa hasil survei ini menunjukkan peluang besar bagi Ridwan Kamil untuk menang jika Pilkada Jawa Barat digelar saat ini.

“Bila pemilihan gubernur Jawa Barat diadakan ketika survei dilakukan pada 9 Juni-1 Juli 2024, Ridwan Kamil berpeluang paling besar untuk menang,” kata Deni saat memaparkan survei bertajuk ‘Peluang Calon-calon Gubernur dalam Pilkada Jawa Barat’ melalui kanal YouTube SMRC TV, Sabtu (13/7/2024).

Dalam simulasi tiga calon yang mempertimbangkan partai-partai dengan perolehan suara terbanyak dalam pemilihan legislatif 2024, Ridwan Kamil semakin unggul. Dengan skenario ini, Ridwan Kamil mendapatkan 55,8 persen suara, disusul Dedi Mulyadi dengan 35,5 persen, dan Ahmad Syaikhu dengan 4,3 persen. Sebanyak 4,4 persen responden belum memutuskan pilihan mereka.

“Skenario tiga calon ini berdasarkan pada asumsi tiga partai dengan perolehan suara terbanyak dalam pemilihan legislatif 2024 masing-masing membuat poros calon gubernur. Ridwan Kamil mewakili poros Golkar, Dedi Mulyadi dari poros Gerindra, dan Ahmad Syaikhu dari poros PKS,” ungkap Deni Irvani.

Survei ini melibatkan total 11.070 responden yang dipilih melalui metode stratified multistage random sampling, dengan jumlah sampel sebanyak 410 orang di setiap Kabupaten/Kota di Provinsi Jawa Barat.

Toleransi kesalahan (margin of error) survei diperkirakan ±1,1 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen, dengan responden yang diwawancarai secara tatap muka oleh pewawancara yang telah dilatih.

Dengan hasil survei ini, Ridwan Kamil menunjukkan dominasi yang kuat dalam peta politik Jawa Barat dan memperkuat peluangnya untuk kembali memimpin provinsi ini dalam Pilkada mendatang. (KAISAR/RAFI)

OASE

INFOGRAFIS

WARGANET

Trending