Connect with us

POLITIK

Jokowi Minta Prabowo Tambah Kursi Menteri untuk PAN

Published

on

Presiden Joko Widodo (tengah) berjalan bersama Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan (kiri) dan Ketua Majelis Penasihat Partai PAN Hatta Rajasa (kanan) pada pembukaan Kongres ke-6 PAN di Jakarta, Jumat (23/8/2024). Konggres yang sekaligus menjadi perayaan puncak HUT Ke-26 PAN itu mengusung tema Indonesia Terdepan yang berlanngsung pada 23-24 Agustus. (ANTARA FOTO)

AKTUALITAS.ID – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan harapannya agar presiden terpilih, Prabowo Subianto, memberikan tambahan jatah kursi menteri bagi Partai Amanat Nasional (PAN) dalam kabinet pemerintahan periode 2024-2029. Permintaan tersebut disampaikan Jokowi saat memberikan sambutan pada pembukaan Kongres ke-6 PAN yang digelar di Hotel Kempinski, Jakarta, pada Jumat (23/8/2024).

Dalam sambutannya, Jokowi menilai bahwa dukungan konsisten PAN terhadap Prabowo dalam tiga pemilihan presiden berturut-turut, yaitu pada tahun 2014, 2019, dan 2024, layak mendapatkan apresiasi dalam bentuk tambahan kursi di kabinet.

“Maka nanti untuk keberlanjutan di kabinet, rasa-rasanya PAN mesti ditambahin (kursi menteri),” ujar Jokowi yang langsung disambut dengan tepuk tangan meriah dari para peserta kongres.

Meskipun Jokowi menyadari bahwa penentuan kabinet merupakan hak prerogatif presiden, ia berharap Prabowo mempertimbangkan permintaan ini, mengingat kontribusi PAN yang telah konsisten mendukung Prabowo selama tiga kali Pilpres.

“Mestinya ada tambahan, tiga kali Pak Muzani (Sekjen Gerindra Ahmad Muzani). Konsisten. Tambahnya terserah Pak Prabowo karena beliau yang memiliki prerogatif,” ungkap Jokowi, dengan nada penuh harap.

Jokowi juga menyoroti bagaimana PAN tetap setia mendukung Prabowo, bahkan ketika Prabowo berkompetisi dengannya dalam Pilpres 2014 dan 2019. 

“Keberlanjutan dukungan PAN pada Pak Prabowo mohon ini dicatat Pak Muzani. Saya ingat, kita semua ingat, PAN telah mendukung Prabowo tiga kali berturut-turut. Pada 2014, 2019, dan 2024, PAN tetap konsisten mendukung Prabowo,” tambah Jokowi.

Pernyataan Jokowi ini memperlihatkan keinginan kuatnya agar PAN mendapatkan penghargaan yang pantas atas dukungan mereka selama ini. Kini, bola ada di tangan Prabowo untuk menentukan apakah PAN akan mendapatkan tambahan jatah menteri di kabinet mendatang. (YAN KUSUMA/RAFI)

Trending

Exit mobile version