Connect with us

Ragam

Aaliyah Massaid Geram, Laporkan Netizen Tuduh Dirinya Hamil di Luar Nikah

Published

on

Aaliyah Massaid dan Thariq Halilintar bulan madu (Foto dok : Instagram)

AKTUALITAS.ID – Aaliyah Massaid, istri dari Thariq Halilintar, akhirnya melaporkan beberapa akun media sosial ke Polda Metro Jaya setelah dirinya dituduh hamil di luar nikah oleh sejumlah netizen. Kejadian ini terjadi pada 28 Juli 2024, ketika Aaliyah menemukan sejumlah postingan di media sosial yang menyebarkan fitnah tersebut.

Perasaan geram dan malu menyelimuti Aaliyah saat melihat tuduhan tak berdasar itu di akun Tiktok (@esmeralda_9999 dan @medialestar) serta akun Youtube (@infomedia3180). Tuduhan yang disebarkan di media sosial itu menyatakan bahwa Aaliyah sedang hamil di luar nikah, padahal kenyataannya, Aaliyah bahkan tengah dalam masa haid saat fitnah itu disebarkan.

“Saat itu, pelapor sedang membuka sosial media dan menemukan postingan yang menyatakan dirinya hamil di luar nikah. Hal tersebut membuatnya merasa terserang kehormatannya sebagai seorang wanita,” ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya, Ade Ary, dalam keterangannya pada Sabtu (28/7/2024), lalu.

Tak tinggal diam, Aaliyah segera mengambil langkah hukum dengan melaporkan para pelaku pencemaran nama baik tersebut. Para terlapor kini menghadapi jeratan hukum berdasarkan pasal Tindak Pidana Kejahatan Informasi dan Transaksi Elektronik, sesuai dengan UU Nomor 1 Tahun 2024 tentang perubahan kedua UU Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE). Mereka juga dapat dijerat dengan pasal 310, 311, dan 315 KUHP.

Kasus ini menjadi sorotan publik karena mencerminkan betapa berbahayanya penyebaran hoax di era digital, terutama bagi korban yang menjadi sasaran fitnah yang merusak nama baik. Aaliyah berharap langkah hukum yang diambilnya ini bisa menjadi pelajaran bagi semua pihak untuk lebih berhati-hati dalam menggunakan media sosial dan tidak sembarangan menyebarkan informasi yang belum tentu benar. (KAISAR/RAFI)

OASE

INFOGRAFIS

WARGANET

Trending