Connect with us

RAGAM

SCash Gandeng Campaign #ForABetterWorld untuk Perkuat UMKM Perempuan di Sentani

Aktualitas.id -

AKTUALITAS.ID – Perusahaan teknologi asal Singapura, SCash, menggandeng Campaign #ForABetterWorld, Kopernik, serta didukung oleh Yayasan Dunia Lebih Baik (YDLB) untuk memperkuat usaha mikro perempuan di Sentani, Papua. 

Kolaborasi ini bertujuan memberikan akses teknologi dan inovasi digital guna mendorong pertumbuhan bisnis sekaligus meningkatkan kepercayaan diri serta kapabilitas para perempuan pengusaha dalam menghadapi era digital.

Melalui kampanye #EmpowerWomenSentani, SCash menghadirkan solusi digital yang memungkinkan transaksi lebih cepat, aman, dan efisien bagi para pelaku usaha mikro. Dukungan ini diharapkan mampu menciptakan kemandirian bisnis serta memberikan dampak positif bagi komunitas mereka.

Baca Juga: Waspadai Penipuan Digital yang Makin Canggih di 2025

CEO SCash, Michael Lee Eng Yew, menegaskan pentingnya transformasi digital bagi pelaku usaha mikro.

“Kami berkomitmen untuk memberdayakan serta mentransformasi para pedagang mikro agar mereka dapat beradaptasi dengan cepat di tengah lanskap digital yang terus berubah dengan pesat. SCash tidak hanya mampu meningkatkan pendapatan dan keuntungan bisnis, tetapi juga berperan dalam membangun kepercayaan diri serta mengembangkan kemampuan para pelaku usaha,” ujarnya dalam keterangan pers yang diterima Aktualitas.id, Senin (24/3/2025).

Sebagai bagian dari kampanye ini, Kopernik turut memberikan pelatihan bisnis dan pendampingan kepada 10 perempuan pengusaha di sektor ekowisata di Sentani.

Director of Partnerships and Business Development Kopernik, Arvin Dwiarrahman, menekankan pentingnya akses terhadap pengetahuan dan keterampilan yang tepat.

Baca Juga: Kementerian Komunikasi dan Digital Bentuk Struktur Baru

“Melalui program ini, kami berharap para perempuan pengusaha mikro di Sentani dapat mengelola usahanya dengan lebih baik,” katanya.

Selain pelatihan dan pendampingan, SCash dan Yayasan Dunia Lebih Baik juga memberikan kesempatan kepada tiga pengusaha dengan dukungan unlock donasi terbanyak untuk mendapatkan dana hibah sebesar Rp20 juta.

Masyarakat dapat turut berpartisipasi dengan mendukung kampanye #EmpowerWomenSentani melalui aplikasi Campaign #ForABetterWorld, guna membantu membuka akses permodalan serta memperkuat keberlanjutan usaha mereka.

UMKM sendiri merupakan tulang punggung perekonomian Indonesia. Berdasarkan data Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah, sektor ini menyumbang 61,07% terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia, dengan 64% di antaranya dikelola oleh perempuan.

Selain berkontribusi terhadap ekonomi, UMKM yang dipimpin perempuan juga membuka lapangan kerja serta membangun ekosistem bisnis yang lebih inklusif. (Purnomo)

TRENDING